Gelombang Mutasi Awal Januari ala Wali Kota Bekasi

Sulistyo Adhi | Rabu, 03 Januari 2018 | 13:22 WIB

Share Tweet




RAKYATBEKASI.COM, KOTA BEKASI – Jelang pendaftaran pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bekasi pada 8-10 Januari 2018 mendatang, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi merombak tiga pejabat struktural pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi.

Perombakan tersebut sebagaimana diatur dalam Permendagri Nomor 76 Tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Pejabat Unit Kerja yang menangani urusan administrasi kependudukan di Provinsi, Kabupaten dan Kota.

Tiga pejabat yang dilakukan perombakan tersebut diketahui adalah Kepala Disdukcapil, Kepala Bidang Penataan Data dan Inovasi Pelayanan Disdukcapil dan Kepala Bidang Pendaftaran Pelayanan Penduduk.

Wali Kota Bekasi mengatakan, perombakan ini adalah bagian dari upaya peningkatan pelayanan yang saat ini dinilainya masih cukup lemah di beberapa titik.

“Kita ingin meningkatkan pelayanan, tentunya di beberapa titik yang masih lemah kinerjanya,” kata Rahmat usai melakukan perombakan tiga pejabat struktural tersebut di depan Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bekasi, pada Rabu (03/01/2018).

Perombakan tersebut juga diharapkan adanya terobosan baru pada pembuatan data kependudukan yang tidak tersentral di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

“Kita juga ingin membuat terobosan pada pembuatan data kependudukan yang tidak tersentral disini (Disdukcapil), kita akan buatkan di setiap kecamatan. Oleh sebab itu dibutuhkan kapasitas dan kualitas orang yang mau improvisasi, melangkah lebih cepat dalam proses langkah-langkah ini,” tutupnya.

Selain itu, Wali Kota Bekasi juga melantik 4 pejabat pimpinan tinggi pratama, 29 pejabat administator, 111 pejabat pengawas dan 9 orang pejabat fungsional tertentu.

Pelantikan dan alih fungsi jabatan ini sebagaimana persetujuan tertulis Menteri Dalam Negeri nomor 821.22/9441/SJ tanggal 29 Desember 2017 perihal pengangkatan dan pelantikan pejabat pratama, nomor 820/11091/Otda tanggal 28 Desember 2017 perihal mutasi pejabat administrator, pengawas dan fungsional tertentu dan nomor 820/11091/Otda tanggal 2 Januari 2018 perihal mutasi pejabat administrator dan pejabat pengawas di lingkungan Pemerintah Kota Bekasi.

Pemerintah Kota Bekasi juga melakukan perubahan kelembagaan pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pada Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) menjadi Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air dan Dinas Tata Ruang. Perubahan kelembagaan ini sebagaimana Peraturan Daerah (Perda) nomor 15 tahun 2017 tentang Perubahan Peraturan Daerah nomor 07 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah.

Sebagai informasi, Erwin Effendi yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Disdukcasip, kini menjabat sebagai Asisten Pemerintahan I pada Sekretariat Daerah Kota Bekasi. Kemudian Tri Adhianto Tjahyono kini menduduki jabatan barunya sebagai Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air. Sementara itu yang dipercayakan menduduki kursi Direktur RSUD dr Chasbullah Abdulmajid Kota Bekasi yaitu dr Kusnanto, M.A.R.S. (tian)


Ikuti Perkembangan Berita ini dalam Topik :

Komentar