Edan, Pakaian Dinas Bupati Bekasi dan Wakilnya Habiskan Rp1 Miliar Uang Rakyat

Sulistyo Adhi | Selasa, 23 Januari 2018 | 14:23 WIB

Share Tweet




RAKYATBEKASI.COM, CIKARANG PUSAT – Gerakan Masyarakat Anti Korupsi (Gema Aksi) mengecam pengadaan seragam untuk Bupati Bekasi beserta wakilnya, yang menguras uang rakyat hingga mencapai Rp1 miliar setiap tahunnya.

Angka tersebut menurut pengurus Gema Aksi Rahmat Hidayat terlalu tinggi dan tidak masuk akal. Pengadaan seragam dengan kode rekening 1.20.1.20.03.18.26 sebesar Rp1 miliar tersebut, kata Rahmat, tercatat sebagai pengguna anggaran adalah Pemkab Bekasi melalui Bagian Perlengkapan Setda Pemkab Bekasi.

“Bagian Perlengkapan Setda pada tahun 2016 menganggarkan Rp1 miliar untuk pengadaan 14 jenis pakaian dinas bupati dan wakilnya sebanyak 126 buah,” ujar pria yang akrab disapa Abu ini kepada RAKYATBEKASI.COM, Selasa (23/01).

Abu yang mantan Ketua BEM STT Pelita Bangsa ini, mengatakan bahwa jumlah tersebut sangatlah tidak logis mengingat pakaian korpri dibeli sebanyak lima stel setiap tahunnya. Terlebih seragam tersebut diketahui hanya dipakai satu kali dalam seminggu, yakni setiap hari Rabu.

“Belanja lima stel seragam korpri dan atribut yang hanya dikenakan seminggu sekali senilai Rp26.500.000, artinya satu stelnya Rp5.300.000,” tukasnya.

Lebih lanjut Abu berharap agar DPRD Kabupaten Bekasi dapat menjalankan fungsi pengawasannya agar Pemkab Bekasi tidak lagi menghabiskan uang rakyat dengan membeli seragam hingga miliaran rupiah, mengingat masih banyaknya masyarakat Kabupaten Bekasi yang hidup di bawah garis kemiskinan dan tak layak.

“Inilah adalah salah satu penyebab kemiskinan masih meraja di Bekasi, pakaian untuk Bupati dan wakilnya saja dianggarkan Rp1 miliar. Parahnya lagi, DPRD-nya diam saja,” pungkasnya.

Berikut rincian dari Dokumen Penggunaan Anggaran (DPA) Pagu anggaran Seragam Dinas Bupati dan Wakil Bupati yang bernilai Rp1 miliar:

  • 5 stel Seragam Korpri Rp26,5 juta dengan harga satuan Rp5,3 juta.
  • 8 stel Pakaian olahraga beserta suami Rp72 juta dengan harga satuan Rp9 juta.
  • 5 stel pakaian lapangan Rp35,5 juta dengan harga satuan Rp7,1 juta.
  • 5 stel PDL Bupati Rp35 juta dengan harga satuan Rp7 juta.
  • 5 stel PSR beserta atribut Rp42 juta dengan harga satuan Rp8,4 juta.
  • 5 stel PSH beserta atribut Rp35 juta dengan harga satuan Rp7 juta.

 

(tian)


Ikuti Perkembangan Berita ini dalam Topik :

Komentar