Tekad SMPN 1 Kota Bekasi Cetak Generasi Terbaik Bangsa

Sulistyo Adhi | Senin, 16 Juli 2018 | 06:53 WIB

Share Tweet




RAKYATBEKASI.COM, KOTA BEKASI - Kepala Sekolah SMP N 1 Kota Bekasi Euis Siti Halimah MPd berharap agar orang tua siswa yang diterima di Sekolah Menengah Pertama Negeri ( SMP 1 ) Kota Bekasi bersyukur karena dapat menjadi bagian sekolah model di Wilayah Kota Bekasi.

" Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB) tahun 2018 menggunakan beberapa jalur dengan sistem on line berbasis nilai dan zonasi serta afirmasi. Hal ini menjadi salah satu terobosan Dinas Pendidikan Kota Bekasi, ada warga yang putra /putrinya tidak diterima di Sekolah Negeri dapat bersekolah di Swasta karena mutu dan kurikulum pun sama. Jangan sampai tertipu orang yang menjanjikan bangku kosong dengan bayaran, " ungkap Euis sapaan Kepala Sekolah SMP N 1 Kota Bekasi dalam rapat pengenalan sekolah (15/7).

Orang Tua siswa juga diberikan pengenalan keadaan SMPN 1 Kota Bekasi yang saat ini menaungi 1060 siswa dengan tenaga pendidik profesional dan berkarakter. Di kelas 7 SMPN 1 Kota Bekasi dilengkapi 9 kelas dengan jumlah siswa yang sudah disesuaikan.

"Dalam struktur organisasi SMPN 1 Kota Bekasi seluruhnya sudah terisi dari mulai Kepala Sekolah hingga tenaga pengajar. Sejarah SMPN 1 Kota Bekasi berdiri pada tahun 1956 dan pada tahun 2007-2008 SMPN Kota Bekasi masuk dalam sekolah Rintisan Standar Internasional (RSBI), pada tahun 2014 masuk dalam Sekolah model hingga saat ini .KBM menggunakan standar RSBI dengan teknologi canggih berbasis IT ," ungkap Euis lagi.

Pada lulusan tahun 2018 ini, SMPN 1 Kota Bekasi menjadi SMP Negeri dengan perolehan nilai tertinggi lulusannya. Dan untuk nilai UN Siswa se-Kota Bekasi tahun ini, menjadi peringkat ke tiga setelah SMP Al Azhar .

75 persen lulusan SMPN 1 Kota Bekasi sudah diterima di sekolah favorit SMA 1 Kota Bekasi. SMP N 1 Kota Bekasi bertekat menciptakan ekosistem sekolah yang kondusif.
Pendidikan yang kondusif tercipta karena didikan agama dan PKN yang ditempuh tiga jam dalam seminggu, dengan guru yang berbeda sesuai dengan kapasitas.

"KBM ketuntasan belajar minimal 7,5. Waktu belajar Pukul 07.00- 14.10 WIB diakhiri solat zuhur berjamaah.
Kenaikan kelas di SMP N 1 bukan hanya penilaian pelajaran semata, namun attitude menjadi penilaian utama. Ruang kelas di SMPN 1 dilengkapi empat laboratorium komputer serta perpustakaan," ungkapnya.

Sumber pendanaan SMPN 1 Kota Bekasi diperoleh dari tiga unsur diantaranya :

1. Bos pusat sebanyak satu juta pertahun per siswa. Dana ini untuk membiayai pengadaan buku uang awal tahun dan lainya sehingga di SMPN 1 Kota Bekasi tidak ada lagi beli buku, iuran dan uang awal tahun.

2. Uang dari APBD Kota Bekasi sebesar 90 ribu perbulan / Siswa.

3. Bantuan pemerintah juga menjadi sumber dana di SMPN 1 Kota Bekasi.
Di SMP N 1 Kota Bekasi juga diwajibkan para siswa mengikuti ekstrakulikuler Pramuka dan diperbolehkan mengikuti ekstra kegiatan sekolah lainnya seperti tari saman, PMR dan lainnya.

Dalam rapat pertama setelah penerimaan siswa, diharapkan seluruh orang tua murid dapat berperan aktif dalam kegiatan sekolah dan mau menaati seluruh aturan yang berlaku di sekolah.


Ikuti Perkembangan Berita ini dalam Topik :

Komentar