KPUD Dapat Tetapkan Pemenang Pilkada Kota Bekasi Sabtu Lusa

Sulistyo Adhi | Kamis, 09 Agustus 2018 | 16:31 WIB

Share Tweet




RAKYATBEKASI.COM, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Bekasi berencana menetapkan paslon Rahmat Effendi dan Tri Adhianto sebagai pemenang dalam pilkada Kota Bekasi pada Sabtu (11/08/2018) mendatang.

Hal ini menyusul ditolaknya gugatan sengketa pemilu yang dilayangkan oleh paslon nomor urut 2 Nur Supriyanto - Adhi Firdaus oleh Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia, pada Kamis (09/08/2018) di gedung MKRI, Jakarta Pusat.

“Berdasarkan Peraturan KPU nomor 20, penetapan dapat dilakukan maksimal 3 hari setelah salinan keputusan MK diterima. Jadi kalau kita dapat salinannya hari ini, mungkin Sabtu (11/08/2018) kita akan lakukan penetapan,” jelas Komisioner KPUD Kota Bekasi, Kanti Prayogi seusai menghadiri sidang pembacaan putusan di Gedung MK.

[Mahkamah Konstitusi RI Tolak Gugatan Pasangan Nur Supriyanto - Adhi Firdaus]

Hadir mewakili KPUD Kota Bekasi, Kanti mengaku dirinya bersyukur dengan penyelenggaraan pilkada di Kota Bekasi yang berjalan dengan baik dan mencatat tingkat partisipasi pemilih yang signifikan.

“Ini bukan sebatas kerja KPUD, tapi partisipasi pemilih di Kota Bekasi layak untuk mendapatkan apresiasi. Kita (Pilkada Kota Bekasi 2018) bisa sampai lebih dari 70 persen partisipan, bahkan ada beberapa TPS yang 100 persen DPT nya hadir,” tandasnya.

Lebih lanjut Kanti berharap proses gugatan di MK kali ini dapat menjadi pelajaran yang berharga bagi semua pihak dalam rangka meningkatkan kualitas politik kontestasi dalam penyelenggaraan pesta demokrasi.

“Ketika ada ketidakpuasan dengan hasil pemilihan, maka sebaiknya merujuk terlebih dahulu aturan yang ada sebelum ke MK. Sebab hari ini banyak yang gugatannya ditolak, karena tidak memiliki dasar hukum yang kuat untuk membawa gugatan ke MK,” pungkasnya. (tian)


Ikuti Perkembangan Berita ini dalam Topik :

Komentar