Ini Dia Pesan Ketua Bawaslu RI: "Tingkatkan Kualitas Pengawasan Pemilu Tahun 2019"

Sulistyo Adhi | Sabtu, 08 September 2018 | 15:47 WIB

Share Tweet




RAKYATBEKASI.COM, MANADO - Ketua Bawaslu RI, Abhan berkeinginan agar tingkat pengawasan Pemilu lebih dimaksimalkan lagi pada pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang. Peningkatan pengawasannya diukur dari hasil pengawasan pada Pilkada 2018 beberapa saat lalu.

“Pengawasan Pemilu harus ditingkatkan,” kata Abhan saat menyampaikan sambutan pembukaan pada Rapat Koordinasi Nasional Evaluasi Pengawasan Pilkada 2018, di Manado, Jumat (07/09/2018).

Abhan juga meyakini jajaran Anggota Bawaslu Kabupaten dan Kota yang belum lama ini dilantik, mampu berjibaku dan bekerjasama dengan baik dalam meningkatkan pengawasan Pemilu 2019 agar lebih baik lagi ke depannya.

“Intinya kita sama-sama meningkatkan pengawasan yang kurang maksimal, diperbaiki, dan yang sudah berjalan baik kita teruskan,” tambahnya.

Pria kelahiran Pekalongan ini juga mengungkapkan bahwa Bawaslu memiliki peran yang sangat strategis dalam pelaksanaan Pemilu. Hal tersebut dikarenakan lembaga yang dipimpinnya itu bertanggung jawab dalam melakukan pencegahan, pengawasan dan penindakan. Sehingga Bawaslu menjadi kunci atas berlangsungnya tahapan Pemilu yang berintegritas.

Demi mewujudkan hal tersebut, terang Abhan, pihaknya memulai dengan menyusun strategi dan perencanaan pengawasan, pencegahan, dan penindakan yang maksimal. Tantangan pelaksanaan Pemilu serentak 2019, kata dia, semakin membutuhkan perencanaan pengawasan yang jitu dan sistem penegakan hukum yang efektif.

“Semua tantangan dalam pengawasan Pemilu kita hadapi bersama. Proses pengawasan, pencegahan dan penindakan yang terlaksana dalam Pilkada lalu jika belum maksimal, kita maksimalkan,” pungkas mantan Ketua Bawaslu Jawa Tengah ini. (*)


Ikuti Perkembangan Berita ini dalam Topik :

Komentar