Bawaslu Kota Bekasi Ingatkan Batas Akhir Penyerahan RKDK dan LADK Parpol

Sulistyo Adhi | Minggu, 16 September 2018 | 09:31 WIB

Share Tweet




RAKYATBEKASI.COM, KOTA BEKASI - Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 tidak terasa sudah semakin dekat pelaksanaannya. Hal tersebut secara resmi ditandai dengan dimulainya masa kampanye untuk Pemilu Legislatif maupun Pemilu Presiden oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 23 September 2018 mendatang.

Komisioner Bawaslu Kota Bekasi Divisi Pencegahan Hubungan antar lembaga, Ali Mahyail mengingatkan kepada para peserta pemilu 2019 bahwa batas akhir penyerahan Rekening Khusus Dana Kampanye (RKDK) dan Laporan Dana Awal Kampanye (LADK) ke KPU selambat-lambatnya pada tanggal 23 September 2018 pukul 18:00 WIB.

"Jika tidak menyerahkan RKDK dan LADK sampai batas akhir waktu tersebut, maka partai politik tersebut akan dikenai sanksi pembatalan sebagai peserta Pemilu 2019," ujar Ali Mahyail kepada RAKYATBEKASI, Sabtu (15/09).

Jika ada parpol yang terkena sanksi pembatalan sebagai peserta pemilu 2019, terang Ali, maka dampaknya adalah seluruh bakal calon atau calon legislatif yang terdaftar pada partai yang bersangkutan, tidak bisa ikut dalam dalam pemilu yang akan digelar pada 17 April 2019 mendatang.

"Semuanya itu tertera dengan jelas di dalam Peraturan KPU RI nomor 24 dan 29 tahun 2018," tambahnya.

Adapun penyerahan LADK tersebut, kata Ali, terdiri dari RKDK, saldo awal atau saldo pembukuan dan sumber perolehan, jumlah perhitungan penerimaan dan pengeluaran yang diperoleh sebelum penyerahan LADK, dan juga Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) partai politik.

"Partai politik hanya dapat membuka RKDK pada bank-bank pemerintah," tutupnya. (tian)


Ikuti Perkembangan Berita ini dalam Topik :

Komentar