Dinas Kesehatan Kota Bekasi Jamin Program JKN di FKTP Puskesmas Berjalan Normal

Sulistyo Adhi | Rabu, 03 Oktober 2018 | 07:18 WIB

Share Tweet




RAKYATBEKASI.COM, KOTA BEKASI – Dalam rangka mendukung terciptanya jaminan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), Dinas Kesehatan Kota Bekasi menerapkan pola pengelolaan keuangan di setiap Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Puskesmas.

BLUD yang didirikan ini mengatur dan mengelola keuangan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk FKTP masyarakat Kota Bekasi setiap bulannya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanti Rohilawati mengatakan bahwa setiap Puskesmas yang ada di Kota Bekasi melaksanakan pengelolaan keuangan yang dibayarkan BPJS Kesehatan setiap bulannya sesuai dengan regulasi yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat.

Regulasi tersebut diantaranya adalah Peraturan Presiden nomor 32 Tahun 2014 tentang pengelolaan dan pemanfaatan dana kapitasi jaminan kesehatan nasional pada FKTP milik Pemerintah Daerah.

“Regulasi lainnya ialah Peraturan Menteri Kesehatan nomor 28 tahun 2014 tentang pedoman pelaksanaan JKN, kemudian Peraturan Menteri Kesehatan nomor 59 tahun 2014 tentang standar tarif pelayanan kesehatan dalam penyelenggaraan program JKN dan Peraturan Menteri Kesehatan nomor 21 tahun 2016 tentang penggunaan dana kapitasi JKN untuk Jasa Pelayanan Pemerintah Daerah,” ungkapnya.

Menurut Tanti, setiap pembayaran pembiayaan di FKTP Puskesmas diterima langsung melalui rekening BLUD Puskesmas dari BPJS Kesehatan.

“Semuanya sudah sesuai dengan peraturan yang ada, seperti pemanfaatan dana kapitasi di FKTP Puskesmas itu sesuai dengan Permenkes nomor 21 tahun 2016, yang dibagi menjadi dua, yakni 60 persen untuk jasa pelayanan kesehatan dan 40 persen untuk biaya operasional. Semua itu diterima langsung rekening Bendahara BLUD Puskesmas dari BPJS Kesehatan setiap bulannya,” tutur Tanti.

Penggunaan jasa pelayanan kesehatan ini, lanjut Tanti, juga diatur dalam Keputusan Wali Kota nomor 440/Kep.617-DINKES/XII/2017 tentang petunjuk teknis penggunaan jasa pelayanan kesehatan bagi pegawai pada UPTD Pusekesmas yang menerapkan keuangan BLUD di Kota Bekasi.

Oleh karena itu Tanti meyakini bahwa segala pedoman tentang penggunaan dana kapitasi ini dalam rangka terciptanya JKN-KIS pada FKTP Puskesmas Kota Bekasi.

“Pengunaan dana kapitasi ini didasarkan pada jumlah peserta yang terdaftar di FKTP masing-masing, sesuai dengan data BPJS Kesehatan,” pungkasnya. (tian)


Ikuti Perkembangan Berita ini dalam Topik :

Komentar