Batal Jadi Peserta Pemilu 2019, PPP dan PAN Gugat KPU Kota Bekasi

Sulistyo Adhi | Jumat, 12 Oktober 2018 | 17:21 WIB

Share Tweet




RAKYATBEKASI.COM, KOTA BEKASI - Nasib PPP dan PAN Kota Bekasi berujung nahas. Pasalnya, kedua partai ini dibatalkan oleh KPU Kota Bekasi karena terlambat menyerahkan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) dari batas waktu yang ditetapkan.

baca juga: [PAN dan PPP Kota Bekasi Terlambat Serahkan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK)]

Pembatalan sendiri dilakukan KPU melalui surat yang dikeluarkan pada tanggal 10 Oktober 2018 berdasarkan Surat Edaran KPU RI Nomor: 1149/PL.01.6-SD/03/KPU/IX/2018.

baca juga: [Terlambat Serahkan LADK, Caleg PAN dan PPP Kota Bekasi Terancam Dicoret]

Dengan dikeluarkan pembatalan ini, maka seluruh calon legislatif dari PPP dan PAN Kota Bekasi batal menjadi peserta pemilu 2019.

"Dua partai hari ini resmi mendaftarkan permohonan sengketa proses pemilu, karena mereka didiskualifikasi oleh KPU menjadi peserta pemilu," ujar Komisioner Bawaslu Kota Bekasi divisi Hukum, Data dan Informasi, Iqbal Alam Islami kepada awak media, Jumat (12/10/2018).

baca juga: [Loloskan PAN dan PPP, JPPR Bakal Laporkan KPUD Kota Bekasi ke DKPP]

Iqbal menjelaskan berkas yang diterima akan diperiksa dan memberikan waktu selama tiga hari kerja kepada kedua partai tersebut untuk melengkapi berkas yang kurang.

"Setelah berkas lengkap, maka kita akan melakukan sidang sengketa dengan menghadirkan antara pemohon (PPP dan PAN) dan termohon (KPU Kota Bekasi)," pungkasnya. (tian)

baca juga: [Bawaslu Sambut Baik Rencana JPPR Laporkan KPU Kota Bekasi ke DKPP]

baca juga: [PAN dan PPP Kota Bekasi Terlambat Sampaikan LADK, Beranikah KPU Jatuhkan Sanksi Pembatalan sebagai Peserta Pemilu?]

 


Ikuti Perkembangan Berita ini dalam Topik :

Komentar