Besok, Bawaslu Copot Alat Peraga Kampanye yang Langgar Aturan se Kota Bekasi

Sulistyo Adhi | Kamis, 15 Nopember 2018 | 15:27 WIB

Share Tweet




RAKYATBEKASI.COM, KOTA BEKASI - Sebagai pengawas jalannya pesta demokrasi rakyat dalam kontestasi politik elektoral, Independensi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bekasi bakal diuji dalam penertiban alat peraga kampanye (APK) para calon legislatif (caleg) yang melanggar ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Hal itu disebabkan banyaknya laporan dan temuan pelanggaran pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK), tak hanya dilakukan oleh caleg pemula yang baru kali ini ikut serta bertarung dalam Pemilu Legislatif, namun pelanggaran tersebut juga banyak dilakukan oleh elit parpol yang notabene tokoh terkemuka di Kota Bekasi.

Menyikapi semrawutnya pelanggaran tersebut, Bawaslu Kota Bekasi lantas menggelar rapat koordinasi bersama seluruh stakeholder partai, KPUD, Satpol PP dan pihak-pihak terkait dalam rangka sosialisasi penertiban alat peraga kampanye partai dan caleg di seluruh wilayah Kota Bekasi yang rencananya akan dilakukan secara serentak pada Jumat (16/11/2018) besok.

“Kita sudah menyampaikan rencana penertiban ini ke masing-masing parpol. Tujuannya agar mereka dapat menertibkan sendiri mana APK yang dipasang di luar ketentuan,” ujar Ketua Bawaslu Kota Bekasi, Tomy Suswanto.

Sikap Bawaslu sendiri menurut Tomy masih memberikan waktu kepada masing-masing parpol dan caleg hingga Kamis malam ini. Namun jika selepas malam ini APK tersebut tidak mereka copot, Tomy menegaskan bahwa pihaknya akan bertindak merazia seluruh APK yang tersisa.

“Untuk itulah kita meminta kehadiran perwakilan parpol dalam rapat koordinasi ini. Kita fleskible dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk menertibkan sendiri. Selanjutnya kita bersama dengan Satpol PP dibantu dengan Dinas terkait serta unsur Kepolisian akan melakukannya pada Jumat besok,” pungkasnya. (tian)


Ikuti Perkembangan Berita ini dalam Topik :
Tag : #Pemilu Presiden 2019 #Pemilu Legislatif 2019

Komentar