Beriklan di Media Massa seperti Demokrat, Bawaslu Bidik Nasdem Kota Bekasi

Sulistyo Adhi | Selasa, 20 Nopember 2018 | 13:43 WIB

Share Tweet




RAKYATBEKASI.COM, KOTA BEKASI - KPU RI dan Bawaslu RI sebagai ornamen penyelenggara dalam pemilihan umum 2019 telah menelurkan sejumlah peraturan dan perundangan tentang penyelenggaraan kampanye pemilihan umum 2019 sebagai aturan main, namun ternyata regulasi tersebut masih dianggap sebelah mata oleh sejumlah partai politik.

baca juga: [Ini Dia Titik dan Zona Larangan Memasang Alat Peraga Kampanye Calon Legislatif]

Hal tersebut terungkap setelah ditemukannya kembali iklan di salah satu media massa berisi kampanye calon legislatif. Padahal sebelumnya, Partai Demokrat Kota Bekasi kena semprit oleh Bawaslu akibat memasang hal yang serupa.

baca juga: [Beriklan di Media Massa, Partai Demokrat Kota Bekasi Terancam Sanksi Pidana Pemilu]

Komisioner Bawaslu Kota Bekasi divisi Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga, Ali Mahyail mengungkapkan bahwa temuan pihaknya ini akan diproses sebagaimana peraturan yang ditetapkan.

“Bawaslu kembali menemukan iklan kampanye di media cetak. Kita menemukan pelanggaran kampanye yang dilakukan oleh sebuah partai dan beberapa calegnya, pelanggaran tersebut berupa kampanye di luar jadwal, dimana iklan di media masa sesuai dengan PKPU baru bisa dilakukan setelah tanggal 24 Maret 2019,” kata Ali kepada RAKYATBEKASI.COM, Selasa (20/11/2018).

Iklan kampanye Partai Nasdem Kota Bekasi yang dipasang di salah satu media cetak lokal ini, kata Ali, sama persis dengan yang dilakukan oleh Partai Demokrat Kota Bekasi sebelumnya.

baca juga: [Penertiban APK oleh Bawaslu Kota Bekasi Belum Maksimal]

Oleh karena itu, Ali mengaku pihaknya akan menindaklanjuti temuan ini dengan memanggil pihak-pihak yang terkait.

“Kita akan proses kasus ini seperti kasus Partai Demokrat. Ancaman hukuman untuk pelanggaran kampanye di luar jadwal menurut pasal 492 UU 7 tahun 2017 adalah 1 tahun pidana plus denda 12 juta,” pungkasnya. (tian)


Ikuti Perkembangan Berita ini dalam Topik :
Tag : #Pemilu Legislatif 2019

Komentar