Bawaslu Kota Bekasi Sosialisasikan Netralitas ASN pada Pemilihan Umum 2019

Sulistyo Adhi | Kamis, 22 Nopember 2018 | 06:41 WIB

Share Tweet




RAKYATBEKASI.COM, KOTA BEKASI - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bekasi menggelar sosialisasi kepada seluruh Sekertaris Kelurahan (Sekel) dan Sekertaris Kecamatan (Sekcam) yang ada di Kota Bekasi tentang Pengawasan Pemilu Partisipatif bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Pemilihan Umum 2019 yang bertempat di Aula Hotel Merapi Merbabu Kota Bekasi, Rabu (21/11).

Pada kesempatan tersebut, Ketua Bawaslu Kota Bekasi, Tomy Suswanto menyampaikan kepada peserta sosialisasi, agar para ASN dapat bersikap netral dengan tidak memihak kepada para calon yang berlaga di Pemilu 2019.

Menurut Undang-Undang nomor 5 tahun 2014 tentang ASN, kata Tomy, ASN juga harus bekerja secara profesional dengan tidak berpihak sehingga tidak terjadi konflik kepentingan dalam melaksanakan tugasnya.

"Para ASN harus menjalankan tugasnya secara profesional dan tidak berpihak serta terbebas dari intervensi golongan dan partai politik," tegas Tomi kepada para peserta sosialisasi.

Dalam melakukan pengawasan netralitas ASN, terang Tomi, Bawaslu menggandeng sejumlah pihak seperti; Inspektorat dan Badan Kepegawaian. Adapun sanksi pelanggaran terhadap netralitas ASN, bisa berujung dengan pemberhentian ASN.

"Semisal ada laporan dari warga atau sesama ASN yang disertai dengan bukti, atau mitra kerja ASN, contoh menemukan bukti ketidaknetralan ASN melalui media massa atau sosial, itu sudah masuk pelanggaran. Acuannya adalah PP 53 tahun 2010 tentang disiplin pns," beber Tomy.

Setelah bukti-bukti pelanggaran sudah lengkap, Tomy menjelaskan bahwa pihaknya akan membentuk Tim Pemeriksaan Khusus yang terdiri dari Inspektorat, Badan Kepegawaian dan juga pimpinan dari ASN yang diduga melakukan pelanggaran netralitas.

"Kalau kepala dinasnya yang tidak netral, ya kita panggil Wali Kotanya, kalau di bawahnya Kepala Dinas, ya cukup Kepala Dinasnya yang kita panggil," tutupnya. (tian)


Ikuti Perkembangan Berita ini dalam Topik :

Komentar