Perum Damri Resmi Ditunjuk Sebagai Operator Bus Trans Patriot

Sulistyo Adhi | Senin, 26 Nopember 2018 | 16:16 WIB

Share Tweet




RAKYATBEKASI.COM, KOTA BEKASI – Direktur PD Mitra Patriot, Tubagus Hendra Suherman mengakui bahwa pihaknya selaku Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi yang dipercaya untuk mengelola Bus Trans Patriot, belum memiliki pengalaman yang memadai dalam hal pengelolaan bus angkutan massal.

Oleh karena itu, pihaknya menggandeng Perum Damri sebagai operator, guna mensukseskan operasional sembilan Bus Trans Patriot yang kini mulai memasuki tahap uji coba operasional.

“Jujur saja, kami belum punya pengalaman. Maka dari itu, kami "learning by doing" menggandeng pihak Damri yang sudah berpengalaman. Secara infrastruktur dia siap, dan secara SDM juga siap,” ungkapnya.

Selain pengalaman dan sdm, TB Hendra berkeyakinan bahwa pihak Damri juga mempunyai hal-hal yang sudah sangat siap untuk mengoperasikan Bus TransPatriot. Terlebih Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut, memiliki aturan perundangan sendiri, yakni Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 38 Tahun 2018.

“Subsidi ini akan dikeluarkan oleh Pemkot Bekasi setelah tiga bulan operasional. Kami yang berjalan, dana juga gak ada sebesar itu (untuk operasional, red),” tuturnya.

Lebih lanjut Tb Hendra membeberkan bahwa pihak Damri mampu membiayai operasional Bus Trans Patriot selama tiga bulan terlebih dahulu, kemudian baru mengklaim biaya tersebut ke Pemkot Bekasi melalui Dinas Perhubungan (Dishub) yang memiliki tim verifikator, sehingga ada kontrol dari regulator.

Alasan penunjukan Perum Damri oleh PD Mitra Patriot sebagai operator, kata dia, salah satunya adalah kesediaan mereka menutupi biaya operasional Trans Patriot selama tiga bulan ke depan. Dengan demikian, Damri ditetapkan sebagai operator, sementara PD Mitra Patriot sebagai pengelola Bus Trans Patriot.

“Ini akan terus berlangsung, setiap tiga bulan Damri mengklaim ke pemkot, sampai nanti kita betul-betul mampu secara keuangan,” tutur Humas PD Mitra Patriot, Iqbal Daud. (tian)


Ikuti Perkembangan Berita ini dalam Topik :
Tag : #PD Mitra Patriot #Bus Trans Patriot

Komentar