Jurnalis Bekasi Bersatu Salurkan Bantuan Langsung di Wilayah Terdampak Tsunami

Sulistyo Adhi | Selasa, 08 Januari 2019 | 12:23 WIB

Share Tweet




RAKYATBEKASI.COM, BANTEN - Rombongan Jurnalis Bekasi Bersatu yang bertolak dari Kota Bekasi menuju Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, pada Senin (07/01) sore, akhirnya sampai dengan selamat di lokasi tujuan pada Selasa (08/07) dini hari, sekira pukul 00: 30 WIB.

baca juga: [Jurnalis Bekasi Bersatu Kumpulkan Rp 105Juta Untuk Korban Tsunami Selat Sunda]

Pemerintah Kota Bekasi sendiri menyambut baik dengan misi kemanusiaan yang diemban Jurnalis Bekasi Bersatu ini dengan menerjunkan tiga (3) unit mobil operasional dari BPBD, Dishub dan Humas Setda untuk menyalurkan donasi bantuan untuk para korban tsunami yang menghantam daerah pesisir perairan Selat Sunda beberapa waktu lalu.

Tanpa membuang banyak waktu, para pemburu berita ini menyusuri sejumlah lokasi terdampak bencana di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Bersama dengan petugas BPBD, Dishub dan Humas Setda Kota Bekasi, bantuan tersebut langsung disalurkan kepada para korban dengan didampingi pemangku adat setempat.

"Warga terlihat sudah bisa beraktifitas seperti biasanya. Namun saat malam datang, banyak juga warga di Desa Taman Jaya yang meninggalkan pemukimannya menuju dataran yang lebih tinggi akibat rasa khawatir dan trauma tsunami," ujar perwakilan dari Forum Jurnalis Bekasi (Forjas) Muhamad Alfi kepada RAKYATBEKASI.COM, Selasa (08/01).

Lebih lanjut Alfi menceritakan masih adanya sejumlah keluarga yang memilih menetap di posko pengungsian dari pada menghuni rumah mereka di Desa Ujung Jaya.

“Rumah mereka sudah rata diterjang ombak tsunami, karena memang lokasi Desa Ujung Jaya ini persis di bibir ujung pantai barat Banten,” bebernya.

baca juga: [Jurnalis Bekasi Bersatu Distribusikan Langsung Bantuan ke Korban Tsunami Selat Sunda]

Sementara itu masih di tempat yang sama, Galih yang merupakan perwakilan dari Ikatan Wartawan Online (IWO) mengaku miris saat melihat kondisi bangunan SD Taman Jaya Ujung Kulon yang hancur lebur akibat bencana yang hingga kini belum tersentuh bantuan.

“Kami juga salurkan bantuan untuk murid-murid sekolah untuk keperluan sekolah mereka,” ujar Galih lirih.

Sementara itu, Kartono yang menjadi koordinator tim dari Jurnalis Bekasi Bersatu mengatakan bahwa pihaknya sengaja menyalurkan langsung bantuan kepada korban bencana.

“Agar lebih tepat sasaran dan kami juga bisa mengetahui langsung kondisi korban saat ini,” kata pria nyentrik yang akrab disapa Tonche ini.

baca juga: [Ini Dia Kebijakan Perpajakan Sehubungan Dengan Bencana Alam Tsunami Selat Sunda]

Atas donasi dan bantuan yang terkumpul, Tonche tak lupa menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh kalangan masyarakat yang sudah berpartisipasi dan memberikan donasi untuk para korban bencana tsunami Selat Sunda. “Kami juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pihak BPBD, Dishub dan Humas Setda yang sudah mendukung aksi mulia ini,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Jurnalis Bekasi Bersatu berhasil menggalang dana hingga Rp 105.981.500 juta untuk disumbangkan kepada korban gempa tsunami Selat Sunda yang menghantam sejumlah wilayah seperti Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang dan Kabupaten Lampung Selatan beberapa waktu yang lalu. (tian)

(tian)


Ikuti Perkembangan Berita ini dalam Topik :

Komentar