Bawaslu Kota Bekasi Gandeng Para Santri se-Jabar Awasi Pemilu 2019

Sulistyo Adhi | Senin, 18 Pebruari 2019 | 18:14 WIB

Share Tweet




RAKYATBEKASI.COM - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bekasi menggelar sosialisasi Pengawasan Partisipatif kepada para Santri se Jawa Barat, di Hotel Merbabu, Senin (18/02).

Bukan rahasia umum jika selama ini sejumlah tempat ibadah seperti Pondok Pesantren sering menjadi ajang tempat pelanggaran pemilu baik berupa kampanye maupun sebagai sasaran kampanye hitam oleh para oknum yang tidak bertanggung jawab.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Bawaslu Jawa Barat Abdullah yang didampingi oleh Ketua Bawaslu Kota Bekasi Tommy Suswanto beserta Komisioner Bawaslu Kota Bekasi lainnya.

Menurut Komisioner Bawaslu Kota Bekasi divisi Pencegahan dan Hubungan antar Lembaga, Ali Mahyail, meskipun ada larangan untuk berkampanye di tempat ibadah, pondok pesantren terlanjur menjadi tren sebagai tempat favorit untuk berkampanye.

“Kami mengadakan sosialisasi ini agar santri turut serta berpartisipasi dalam melakukan pengawasan dan pencegahan terkait pelanggaran- pelanggaran kampanye di pondok pesantren,” ujar Ali kepada awak media.

Sementara itu masih di tempat yang sama, Ketua Bawaslu Jabar Abdullah berharap kepada para santri setelah mengikuti sosialisasi ini, agar dapat membantu pihaknya dalam melakukan pengawasan dan penyadaran politik kepada masyarakat.

Selain itu Ia pun mengajak kepada para santri agar bersama-sama dapat membangun warna baru dalam sejarah pemilu di Indonesia dengan tidak tergoda politik uang, isu SARA, dan juga narasi kebencian.

“Kami berharap agar Bawaslu dan pondok pesantren saling bersinergi demi menghasilkan pemilu yang berkualitas, berintegritas, dan demokratis,” ujarnya singkat. (GL/tian)


Ikuti Perkembangan Berita ini dalam Topik :

Komentar