Wali Kota Bekasi Bantah Resmikan Gereja Santa Clara Bersamaan dengan Shalat Idul Adha

Sulistyo Adhi | Senin, 12 Agustus 2019 | 15:18 WIB

Share Tweet




RAKYATBEKASI.COM, KOTA BEKASI - Kabar tak mengenakkan beredar di kalangan masyarakat terkait ketidakhadiran Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi pada saat shalat Idul Adha di Masjid Agung Al-Barkah, karena dia meresmikan Gereja Santa Clara, Bekasi Utara, Minggu (11/8/2019) pagi., .

Sekretaris PCNU Kota Bekasi, Ayi Nurdin mengaku bahwa pihaknya memaklumi adanya kejadian tersebut karena hingga saat ini, pihaknya belum mendapatkan informasi yang lebih mendetail dan valid terkait waktu pelaksanaan kedua acara tersebut.

"Seandainya memang betul pada hari dan jam waktu yakni pukul 07.00 WIB menjadi bagian dari mayoritas agama muslim melaksanakan ibadah sholat Idul Adha, yaa kita sebagai ummat muslim sangat menyayangkan dan kita sesalkan," kata Ayi Nurdin, Senin (12/8/2019).

Lebih lanjut Ayi Nurdin membeberkan bahwa cukup banyak masyarakat yang mempertanyakan bahkan mengecam peresmian Gereja Santa Clara yang dilaksanakan bersamaan dengan dimulainya shalat Idul Adha.

"Namun kami juga menghargai Wali Kota yang melaksanakan tugasnya untuk mengayomi semua ummat di Kota Bekasi," terangnya..

Sebagai seorang pemimpin, kata Ayi, memang sudah seharusnya dapat berdiri di semua golongan. Akan tetapi, seorang pemimpin pun harus bisa memilih waktu yang tepat dan tidak bersinggungan dengan pelaksanaan peribadatan agama lainnya.,

"Sebenarnya kurang tepat saja waktunya ketika Pak Wali Kota meresmikan gereja saat umat Islam sedang melaksanakan shalat Hari Raya Idul Qurban dan ini yang kemudian menjadi polemik di masyarakat," sesalnya.

Ketika disinggung mengenai perizinan, Ayi Nurdin sangat meyakini bahwa berdasarkan kajian pihaknya terhadap polemik perizinan Gereja Santa Clara, pihaknya tidak menemukan pelanggaran.

Sementara itu Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi membantah jika dirinya disebut tidak menghadiri shalat Idul Adha di Masjid Agung Al-Barkah karena menghadiri peresmian Gereja Santa Clara pada Minggu (11/08/2019) pagi.

"Kita tiba di lokasi sekitar jam 10:45 WIB, dan prosesi peresmian selesai jam 11 an lewat," terang pria yang akrab disapa Bang Pepen ini singkat. (tian)


Ikuti Perkembangan Berita ini dalam Topik :

Komentar