Capai 100% Target PAD, PT Sinergi Patriot Bekasi jadi 'Role Model' DPRD Kutai Kertanegara

Sulistyo Adhi | Rabu, 04 Desember 2019 | 07:48 WIB

Share Tweet




RAKYATBEKASI.COM, KOTA BEKASI - Keberhasilan PT Sinergi Patriot Bekasi dalam mengelola keuangan dan juga torehan capaian 100% target PAD Kota Bekasi, menjadi alasan DPRD Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur untuk melakukan studi banding ke perusahaan pelat merah milik Pemerintah Kota Bekasi ini.

Anggota DPRD Kabupaten Kutai Kertanegara, Randi mengatakan tujuan pihaknya mengunjungi PT Sinergi Patriot Bekasi untuk mempelajari mekanisme pelayanan publik dan capaian PAD secara maksimal.

"Kita mendapat informasi BUMD yang trennya positif adalah PT SPB. Kita dapat pencerahan dari kunjungan ini bahwa pelayanan publik SPB mix dengan PAD," ungkapnya. 

Sementara itu Direktur Utama PT Sinergi Patriot Bekasi, Muhammad Fikri Aziz mengaku kunjungan kerja DPRD Kabupaten Kutai Kertanegara bertujuan untuk mempelajari pengelolaan BUMD hilir yang dikelolanya.

"Mereka belajar dari mulai pembentukan BUMD nya, penyertaan modal dari dasar sampai berikut, mencairkan dan memanfaatkannya," kata Fikri.
 
Kabupaten Kutai Kertanegara, kata dia, memiliki potensi sumber daya alam yang berkali lipat jumlahnya bila dibandingkan dengan Kota Bekasi. Hanya saja, pemerintah setempat tidak memiliki BUMD hilir yang berkonsentrasi mengelola penjualan.

"Disana potensi melimpah bahkan ratusan kali lipat dari Bekasi, hanya belum dimaksimalkan karena persoalan ide dan terobosan. Jadi kesini belajar. Bagi mereka, Bekasi dengan cakupan segini tapi bisa memaksimalkan potensi yang ada," katanya. 

"Dalam pengelolaan SDA, mereka baru memiliki satu BUMD, dalam urusan migas yang hanya mengambil dan memanfaatkan partisipasi 10 persen sesuai yang diamanatkan oleh UU Migas," jelas Fikri.

lebih lanjut Fikri menganjurkan agar Pemerintah Kabupaten Kutai Kertanegara membentuk BUMD seperti Sinergi Patriot. Hal ini dimaksud untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki.

"Mereka harus membentuk BUMD seperti Sinergi Patriot, yang bergerak di bidang hilir. Tujuannya agar bisa bisa melayani masyarakat dengan mengalirkan gas dan juga bisa melayani industri, hotel dan kawasan komersial lainnya. Selama BUMD belum ada mereka belum bisa melakukan itu," pungkasnya. (tian)


Ikuti Perkembangan Berita ini dalam Topik :

Komentar