Cara Mudah Atasi Gatal Pada Selangkangan

Sulistyo Adhi | Senin, 18 April 2016 | 22:47 WIB

Share Tweet




RAKYATBEKASI.COM - Aktivitas fisik yang berlebih tanpa memperhatikan sisi higienis tubuh dan pakaian yang dikenakan, seringkali menyebabkan rasa gatal pada bagian atas pangkal paha atau selangkangan.

Tidak hanya pada selangkangan, gatal dan iritasi juga sering menerpa bagian-bagian lipatan kulit lainnya seperti sela-sela jari dan di sekitar bokong. Rasa gatal yang timbul bisa jadi sangat tidak nyaman, dan jika tidak diatasi dengan benar dapat menyebabkan ruam dan lecet pada kulit anda.

Kombinasi antara panas, lembab, dan gesekan kulit dengan pakaian merupakan penyebab umum yang menjadikan kulit menjadi merah dan teriritasi. Selain itu, gatal juga bisa timbul akibat mikroorganisme seperti jamur dan bakteri yang bersarang di daerah selangkangan. Jamur dapat berkembang dengan mudah di tempat yang hangat dan lembab.

Dan inilah cara mudah atasi rasa gatal menyiksa di seputar selangkangan:

Pastikan selangkangan selalu bersih dari keringat

Berikan perhatian khusus pada kebersihan daerah selangkangan Anda. Setelah mandi, keringkan daerah selangkangan dengan cara menepuk-nepuknya menggunakan handuk. Lakukan secara lembut hingga selangkangan benar-benar kering.

Gunakan krim, salep atau bedak anti-jamur

Oleskan salep atau krim yang mengandung 1% hidrokortison pada daerah selangkangan Anda, setidaknya 2 kali sehari. Idealnya adalah setelah mandi. Krim anti jamur ini bisa dengan mudah Anda dapatkan di apotik atau toko obat biasa tanpa resep dokter. Terapkan pola ini selama seminggu atau lebih, hingga rasa gatal hilang dari selangkangan.

Hindari memakai celana ketat

Untuk menghindari iritasi dan lecet, kenakan celana atau celana dalam yang longgar. Pakaian yang ketat dan sempit akan membuat selangkangan menjadi panas dan lembab, sehingga jamur cepat berkembang.

Jangan menggaruk kulit yang gatal

Tahan keinginan Anda untuk menggaruk selangkangan yang gatal. Menggaruk akan semakin mengiritasi kulit, bahkan bisa menyebabkan infeksi. Jika bisa, untuk meringankan rasa gatal anda bisa menyiram dengan air dingin. Selain itu, potong kuku jari tangan atau gunakan sarung tangan saat tidur, untuk mencegah anda menggaruk tanpa sadar ketika tidur.

    Sumber : http://wartakesehatan.com

    Komentar