Ini Dia Buah dan Camilan Fenomenal Saat Ramadhan

Sulistyo Adhi | Kamis, 23 Juni 2016 | 16:41 WIB

Share Tweet




Kondisi tetap bugar dan cantik adalah idaman bagi semua orang, apalagi di saat puasa Ramadhan masih terlihat bugar, segar dan cantik, sedangkan  sebagian lainnya tampak sangat loyo dan tidak bersemangat. Kelompok yang pertama masih sangat siap untuk beraktivitas maksimal, dan kelompok yang kedua merasa sangat kelelahan dan “tak semangat”.

Ada banyak faktor yang berpengaruh terhadap kebugaran dan daya tahan tubuh,  salah satunya dipengaruhi oleh asupan yang dikonsumsi. Dan salah satu asupan favorit di saat Ramadhan yang diburu adalah buah-buahan yang menyegarkan atau Yang menyehatkan.

Dan buah-buahan di bulan Ramadhan memiliki ciri khasnya tersendiri. Saat bulan Ramadhan tiba, banyak buah-buahan yang tadinya tidak terlalu populer jadi mendadak populer di bulan suci ini.

Seperti beberapa buah-buahan ini yang paling sering ditemukan kalau di bulan Ramadhan. Padahal, di bulan biasa-biasa saja mereka tidak banyak diburu orang, tapi ketika mulai memasuki bulan suci Ramadhan, mereka jadi buruan banyak orang. Dan buah itu juga fenomenal untuk kesehatan juga.

Nah, berikut ini rangkuman jenis buah fenomenal di saat puasa Ramadhan ini...  buah-buahan yang paling banyak diburu dan manfaat kesehatannya mantap surantap.

*1. Kurma*
Buah ini pasti bakalan meledak di pasaran. Bahkan beberapa pedagang memanfaatkan momen ini dengan menyajika buah kurma dengan merek tertentu agar harganya lebih mahal.

Yups! Buah kurma menjadi ikon bulan Ramadhan.
Rasanya bukan Ramadhan jika tidak ada kurma!

Kurma berkhasiat :
Menjaga fungsi pencernakan karena buah kurma tidak mengandung lemak.
Kandungan zat gizi kurma dapat menyembuhkan penyakit anemia.
Kandungan magnesium dapat mengaktifkan sistem kekebalan tubuh melawan sel-sel kanker.

Kurma kaya kandungan zat gula jenis gula sederhana dalam bentuk glukosa dan fruktosa sebanyak 70% yang tidak memerlukan proses pencernakan yang lama dan lebih mudah diserap darah dan menaikkan gula darah orang yang berpuasa yang tadinya turun karena seharian berpuasa dan lebih cepat menghasilkan energi instan atau tenaga seketika setelah seharian kita kehilangan energi. Kandungan zat gula sederhananya dapat melancarkan sekresi dan meningkatkan fungsi kelenjar kemih.

  • Kandungan kalium dapat memperkuat tulang dan gigi.
  • Kandungan fosfor dapat memperkuat fungsi biologis.
  • Kandungan vitamin A dapat meningkatkan fungsi penglihatan dan menjaga kelembapan mata.
  • Kurma memperkuat jaringan saraf pendengaran.
  • Kurma menenangkan jaringan saraf karena kurma mengandung vitamin A dan B1 yang bermanfaat untuk menguatkan jaringan saraf.

Kurma juga akan meningkatkan fungsi kelenjar thiroid karena kurma mengandung fosfor yang merupakan sumber energi untuk sel-sel saraf dalam otak.
Kandungan vitamin B dapat menyembuhkan penyakit hati, sembelit, kulit kering dan lain-lain.

Kandungan vitamin B1, B2, dan nisin dapat menyembuhkan penyakit empedu, radang lambung dan sakit perut. Semua kandungan itu menjaga lambung tetap sehat dan terhindar dari ketegangan atau peradangan.
Kurma dapat menyeimbangkan kadar asam pada lambung, karena kurma kaya akan kandungan garam-garam mineral, seperti kalsium dan potasium.

Garam-garam mineral akan menyeimbangkan keasaman darah akibat asupan karbohidrat, seperti roti, jagung, nasi atau ubi, yang sering kali menimbulkan berbagai penyakit, seperti sakit empedu, ginjal dan hipertensi.

Kurma juga berkhasiat memperkuat lever, memperlancar buang air, mengobati tenggorokan kering, mencegah sakit hipertensi, jantung koroner dan stroke, aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah), kolesterol tinggi, zat besi pada kurma yang cukup tinggi bila dikonsumsi oleh anak-anak akan membantu mereka konsentrasi dalam belajar, bila dikonsumsi orang dewasa, akan meningkatkan produktivitas kerja. Kurma mengandung zat gizi yang mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL=Low Density Lipoprotein).

Zat kalium yang terkandung dalam kurma sangat tinggi yang berkhasiat menjaga tekanan osmotik cairan dalam sel dan menjaga keseimbangan cairan tubuh, jika kadar zat kalium di dalam cairan darah tinggi, maka zat kalium akan menarik cairan yang ada di luar sel, sehingga volume cairan di dalam sel lebih banyak.

Dengan demikian cairan darah menjadi lebih encer sehingga jantung akan lebih ringan memompa darah ke seluruh tubuh. Akibatnya tekanan darah menjadi turun, denyut jantung menjadi normal dan zat kalium mampu menjaga dinding pembuluh darah tetap elastis, sehingga pembuluh darah tidak mudah rusak akibat tekanan darah dan zat kalium yang tinggi di dalam kurma juga berkhasiat mengurangi stress fisik dan mental, dan bisa menyembuhkan sakit hipokalimea (orang yang kadar gula darahnya rendah).

Kurma juga sangat bermanfaat bagi para ibu hamil sampai menjelang melahirkan, habis melahirkan dan untuk ibu menyusui. Di dalam buah kurma mengandung suatu hormon potuchsin, hormon yang mampu menciutkan pembuluh darah rahim, sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya pendarahan rahim. Potuchsin yaitu hormon yang dihasilkan neurohipofisa yang bekerja untuk merangsang kontraksi otot polos dinding rahim selama coitus (proses mengejan) dan melahirkan, jadi kurma bagus dikonsumsi bagi ibu yang akan melahirkan karena membantu proses kelahiran.

Caranya, hormon potuchsin tersebut menyatu dengan reseptornya memulai kotraksi otot yang teratur, secara bertahap, sehingga menyebabkan perluasan leher rahim, dari situ akan terjadi proses kelahiran. Setelah persalinan, hormon potuchsin juga bermanfaat untuk mengeringkan rahim dan meningkatkan kontraksi otot-otot rahim yang terajut satu sama lain seperti jaring. Serat otot-otot yang terjaring tersebut, berkontraksi sedemikian rupa sehingga menyempitkan celah-celah rajutan tersebut yang diantara mata celah rajutan terdapat kantong darah lembut dan mengalirkan darah, hal ini menyebabkan terhentinya pendarahan secara bertahap.

Kurma mengandung salisilat alami yang sangat tinggi berfungsi sama seperti aspirin, yaitu sebagai penghilang rasa sakit dan pereda demam, mencegah pembekuan darah dan anti radang. Jadi, mengkonsumsi buah kurma bagi ibu setelah melahirkan sangat baik, karena memberikan energi instant dan mengganti zat-zat gizi yang hilang pada proses persalinan yang ikut terbuang bersama darah. Kini terjawab sudah, mengapa Allah menganjurkan Maryam untuk mengkonsumsi buah kurma setelah melahirkan Nabi Isa as. Kurma juga berkhasiat merangsang serat-serat pembuluh darah vena yang berada disekitar saluran kelenjar susu di payudara ibu mengalami kontraksi, sehingga menjadikan derasnya air susu ketika saluran-saluran ini beserta air susu yang dikandungnya mengalami kontraksi, dari situ terjadi proses penyusuan anak yang sempurna.

Zat besi di dalam kurma cukup tinggi, zat besi berperan dalam pembentukan hemoglobin yang berfungsi memasukan oksigen dan membawa oksigen dan diangkut sel-sel darah merah ke seluruh tubuh dan kepala dan mencegah sakit anemia.

*Sumber : The Miracle Karya Heri Herdiansyah, Dan Buku Induk Mukjizat Kesehatan Ibadah Karya Dr. Jamal Elzaky.

*2. Blewah*
Selain timun suri, buah blewah juga sering dijadikan campuran untuk minuman segar berbuka puasa. Buah blewah juga dipercaya bisa menyembuhkan sariawan yang kerap dialami beberapa orang yang menjalankan ibadah puasa.

Blewah banyak sekali kandungan sehatnya antara lain mengandung kalori, karbohidrat, vitamin A dan beta karoten (mencegah  masukknya radikal bebas dalam tubuh), banyak mengandung air, kalium, serat, mineral, pro vitamin A, vitamin C (sebagai antibodi tubuh, membantu penyerapan manfaat zat besi pada ibu hamil, sehingga membantu pembentukan sel darah merah dalam tubuh), vitamin B6, serta energi.

Blewah juga mengandung asam folat, yang baik untuk ibu hamil karena dapat membantu resiko cacat kelahiran, membantu memproduksi sel-sel baru, menjaga kesehatan ibu, dan membantu mencegah bayi lahir dengan berat badan yang rendah.

*3. Kelapa*
Minuman segar yang sangat diburu untuk berbuka puasa. Jadi tidaklah heran jika penjualan kelapa di pasaran saat puasa meningkat tajam. Karena banyak yang membutuhka  kelapa untuk menjadikam minuman yang menyegarkan raga beserta dagingnya yang enak juga.

Manfaat umumnya air kelapa bisa dikatakan air super, karena kaya nutrisi, mencegah dehidrasi untuk menyeimbangkan ion, elektrolit dan plasma darah. Air kelapa juga berfungsi  menggantikan mineral dan cairan saat kegiatan fisik dan olahraga, membantu sebagai anti virus, membantu anti bakteri, dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dan pada ibu hamil, membantu meredakan "morning sickness" dan mencegah muntah muntah. Air kelapa juga mengandung antioksidan yang cukup baik untuk membantu menghilangkan radikal bebas, sangat efektif membantu mengatur tekanan darah karena efeknya sebagai penyeimbang elektrolit dalam tubuh, meningkatkan HDL (High Density Lipoprotein/Lemak baik).

Sedangkan buah kelapanya, mengandung vitamin C, asam nikotinat, asam pantotenat, biotin, kaya nutrisi (riboflavin, niasin, thimin & piridoksin, dan asam folat),  kaliumnya mempunyai peran kunci  dalam proses  alkali urin dan membantu mencegah pembentukan batu ginjal, enzim bioaktif ( asam laurat dan sitokin sebagai anti aging).

*4. Timun Suri*
Saat bulan biasa saja, Anda dapat menemukan timun suri dengan mudah. Dan ketika di bulan Ramadhan, tingkat penjualan timun suri meningkat tajam. Banyak masyarakat memburu buah ini karena dagingnya yang seringkali dicampurkan dengan sirup atau es buah untuk berbuka puasa.

Manfaat kandungan Timun Suri :
■ Glukosa dan fruktosa, yaitu bahan yang mudah dan cepat larut di dalam tubuh yang berguna untuk menambah energi.

■ Timun Suri juga mengandung vitanin A yang baik untuk kesehatan mata. Selain itu, kandungan antioksidannya yang tinggi baik untuk mencegah penuaan dini.

■ Senyawa Saponin-nya membantu mencegah sel kanker dan membantu menurunkan kholesterol.

■ Kandungan vitamin C-nya  sangat tinggi,  yang fungsinya meningkatkan kekebalan tubuh.

■ Kandungan asam Linoleat sebagai antioksidan dan membantu mencerdaskan otak.

*5. Kolang-Kaling*

Kolang-Kaling cemilan kenyal dalam bahasa Belanda disebut dengan Glibbertjes, itu artinya  buah yang berasal dari biji pohon aren. Buah ini suka dijadikan bahan utama kolak atau minuman yang berbahan dasar santan dan gula aren.

Kolak ini, termasuk minuman yang banyak dijajakan ketika bulan puasa. Yang bisa kita temukan di penjual kolak di tepi jalan ketika bulan puasa.

Kolang-Kaling dikenal  mempunyai kadar air yang lumayan tinggi, sebanyak 93%. Buah ini kaya akan potassium, zat besi, kalsium, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan gelatin.

Jadi itulah uraian singkat tentang beberapa buah fenomenal di saat Ramadhan.

Happy fasting, jika suka dengan buah yang  tersebut diatas, silahkan bergegaslah berburu kembali buah-buah fenomenal Ramadhan yang kaya manfaat kesehatan itu. Semoga tulisan ini makin menjadikan kemantapan dalam mengkonsumsi buah fenomenal Ramadhan ini. *(AR)

dr Riris Wd, M.Si
Dokter estetika (d-R), 
Herbal Medik (Dokter Saintifikasi Jamu), Akupunkturis, Peneliti, dan Dosen Stikes RS IMC Bintaro


Ikuti Perkembangan Berita ini dalam Topik :

Komentar