Dugaan Curang dalam Lelang Milyaran BBPLK Bekasi

Sulistyo Adhi | Senin, 16 Januari 2017 | 11:34 WIB

Share Tweet




RAKYATBEKASI.COM, KOTA BEKASI - Pelaksanaan lelang Proyek Pengadaan Pakaian Kerja Peserta dan Pakaian Kaos Peserta PBK dengan pengguna anggaran satuan kerja Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi disoal oleh CV Grage Cipta Pratama yang mengaku dicurangi dalam tender tersebut.

"Kami digugurkan karena dianggap bukan sebagai perusahaan dengan kualifikasi kecil. Padahal kualifikasi usaha kecil menengah (UKM) itu sudah melekat dan jadi satu kesatuan dalam SIUP," ujar sumber kami yang meminta dirahasiakan namanya kepada RAKYATBEKASI.COM, Senin (16/01).

Padahal dalam tender tersebut, katanya, penawaran yang diajukan oleh pihaknya sangat bersaing dengan CV Usaha Mandiri yang berada di peringkat ke dua.

"Jika memang kami tidak lolos dengan kualifikasi yang dimaksud, kenapa LPSE tidak menggugurkan kami sejak awal?," tandasnya.

Perpres no 54 tahun 2010 yang dijadikan dasar hukum kualifikasi oleh pelaksana tender, menurutnya tidaklah dapat dijadikan acuan untuk menggugurkan pihaknya yang dianggap tidak sesuai dengan kualifikasi usaha yang dipersyaratkan.

"Pengguna anggaran negara di instansi manapun, janganlah mendikotomikan antara Usaha Mikro, Kecil atau Menengah. Makanya produk hukumnya adalah UMKM," tegasnya.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada tanggapan resmi dari Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi.

Sebagai informasi, panitia lelang masih diperbolehkan melakukan evaluasi ulang apabila terdapat sanggahan terhadap hasil tender yang telah ditetapkan oleh mereka sebelumnya. (tian)


    Komentar