Komisi I Harap Polemik E-KTP Kota Bekasi Selesai per Juni 2017

Sulistyo Adhi | Rabu, 08 Maret 2017 | 14:47 WIB

Share Tweet




RAKYATBEKASI.COM, KOTA BEKASI - Ketua Komisi I DPRD Kota Bekasi, Ariyanto Hendrata berharap agar polemik KTP elektronik (e-KTP) di Kota Bekasi harus segera diselesaikan. Hal tersebut dicetuskannya mengingat pagelaran Pilkada Kota Bekasi sudah semakin dekat.

Menurutnya, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcasip) Kota Bekasi telah menyatakan siap menyelesaikan persoalan e-KTP warga yang hingga hari ini masih banyak yang belum tercetak.

“Kemarin sih saya dapat laporan, bahwa Disdukcapil sudah menyatakan siap untuk menyelesaikannya pada bulan Juni ini (2017),” ujar Ariyanto di Komisi I DPRD Kota Bekasi, Rabu (08/03/2017).

Keterlambatan pencetakan e-KTP ini, dikarenakan habisnya blanko dari Kementerian Dalam Negeri. Seharusnya, kata dia, pengadaan blanko yang disediakan oleh Kemendagri ini sesuai dengan permintaan dari setiap daerah. Oleh karena itu, keterlambatan ini terjadi, bahkan bukan hanya di Kota Bekasi saja.

“Sekarang kan yang jadi fokus Disdukcapil sendiri adalah untuk melakukan perekaman warga yang belum punya e-ktp. Jika nanti Juni tidak diselesaikan kita akan mengambil langkah-langkah untuk penyelesaiannya,” jelas Ariyanto.

Persoalan Pilkada yang tinggal beberapa bulan lagi, memang menjadi salah satu kekhawatiran Pemerintah. Apalagi sambung Ariyanto, untuk dapat menggunakan hak pilihnya, pemilih diwajibkan menggunakan e-KTP. Hal ini sempat menjadi pembahasan dirinya bersama KPUD Kota Bekasi belum lama ini.

“Waktu itu saya sempat membahas sama KPUD, bahwa memang benar pemilih diwajibkan menggunakan e-KTP. Kalau soal data pemilih tetap, mungkin kita masih melihat pada jumlah pemilih di Pilkada Kota Bekasi tahun 2013 lalu,” tandasnya.

Kendati demikian, politisi asal PKS ini tetap yakin, bahwa pelaksanaan Pilkada di Kota Bekasi akan berjalan dengan lancar dan tidak ada pemilih yang tidak menggunakan hak suaranya. (adv)


Ikuti Perkembangan Berita ini dalam Topik :

Komentar