Diduga Kuat "Ngemplang" Pajak dan Tak Penuhi Kewajiban, Izin Operasional PT Cipta Sedayu Indah Terancam Dicabut

Sulistyo Adhi | Kamis, 22 Juni 2017 | 09:06 WIB

Share Tweet




RAKYATBEKASI.COM, KOTA BEKASI - Izin Operasional Pengembang PT Cipta Sedayu Indah yang tergabung dalam Agung Sedayu Group (ASG) di Grand Galaxy City (GGC) Bekasi Selatan, Kota Bekasi terancam dicabut. Pasalnya, pengembang tersebut diduga kuat hingga kini belum memenuhi semua kewajibanya sesuai aturan yang berlaku. Selain itu, PT Cipta Sedayu Indah baru saja dipolisikan karena menipu konsumennya, dan juga ditenggarai mengemplang pajak.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bekasi Rayendra Sukarmadji sangat mengecam pengembang-pengembang nakal yang tidak memenuhi kewajibannya sesuai prosedur dan aturan yang berlaku. Bahkan, dirinya menyarankan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) teknis terkait untuk segera mencabut ataupun membekukan izin operasionalnya.

“Grand Galaxy City (GGC) itu kan sudah berdiri lama, kalau sampai saat ini kewajibannya belum juga dipenuhi dan kalau mereka tidak ada niat untuk memenuhi semua mekanisme aturan, yah saya sarankan Dinas terkait supaya mencabut izin operasionalnya saja,” ujar Rayendra kepada RAKYATBEKASI.COM, Kamis (22/06).

Pria yang akrab disapa Roy itu juga mengatakan, agar Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) mengevaluasi kelengkapan kewajiban pengembang GGC. Surat izin pelaksanaan mendirikan bangunan (SIPMB), kata dia, akan digugurkan apabila tidak ada itikad baik dari pengembang tersebut untuk memenuhi kewajibannya.

Sementara itu terpisah, Setia Horas Tambunan mengaku ditipu oleh PT Cipta Sedayu Indah yang dengan sengaja menjual Rukan yang hampir dilunasinya kepada pihak lain. Tambunan juga menduga kuat bahwa PT Cipta Sedayu Indah tidak pernah membayarkan pajak penjualan atas Rukan yang dijualnya.

Hal tersebut nampak sangat jelas, karena dirinya tak pernah menerima faktur pajak yang seharusnya dilampirkan oleh PT Cipta Sedayu Indah ketika dirinya membayar angsuran ataupun saat melunasi unit Rukan.

“Saya sangat dirugikan dan ditipu pengembang PT Cipta Sedayu Indah, Agung Sedayu Group (ASG) di Grand Galaxy City (GGC) Bekasi Selatan. Sudah AJB dan Sertifikat tidak ada, kemudian unit Rukan yang sudah saya beli dijual lagi ke pihak lain tanpa sepengetahuan saya. Faktur pajaknya juga tidak pernah ada. Negara juga dirugikan,” ujar Setia Horas Tambunan satu dari sekian banyak dari konsumen yang membeli unit Rukan di Grand Galaxy City, Bekasi Selatan.

“Saya minta penegak hukum segera menindak tegas pengembang nakal ini, dan saya juga akan melaporkan atas indikasi pengemplangan pajak yang dilakukan PT Cipta Sedayu Indah,” tegasnya.

[PT CSI Tipu Konsumen dan Bangun Ruko Tanpa IMB di Grand Galaxy City]

Terpisah, Anita salah seorang Resepsionis di Kantor Pengelola Grand Galaxy City (GGC) Bekasi Selatan bungkam seribu bahasa ketika dimintai keterangan atas dugaan penipuan dan pengemplang pajak yang dilakukan oleh pihaknya. (Rob/Tian)


Ikuti Perkembangan Berita ini dalam Topik :

Komentar