11 Tahun Berdiri, Pertumbuhan PDAM Tirta Patriot Masih Jauh dari Ekspektasi

Sulistyo Adhi | Kamis, 06 Juli 2017 | 16:37 WIB

Share Tweet




RAKYATBEKASI.COM, KOTA BEKASI - Walikota Bekasi, Rahmat Effendi mengakui bahwa pencapaian PDAM Tirta Patriot hingga saat ini masih jauh dari yang ditargetkan karena pertumbuhannya yang berjalan sangat lambat. Padahal perusahaan pelat merah milik Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi tersebut saat ini telah berusia 11 Tahun.

Pembentukan PDAM Tirta Patriot yang didasari oleh Peraturan Daerah No. 2 Tahun 2006 yang memiliki tugas melayani kebutuhan air minum bagi masyarakat Kota Bekasi dengan tingkat cakupan pelayanan air minum hingga 80 % untuk masyarakat perkotaan.

Hingga memasuki Tahun 2017 ini masih di bawah 40%, atau secara real cakupan pelayanan air bersih oleh PDAM Tirta Patriot baru 28,87% dengan jumlah pelanggan sebanyak 30.429 jiwa dari total jumlah penduduk sebanyak 2,4 juta jiwa.

Angka tersebut dinilai berjalan lambat, kendati Pemkot Bekasi mendukung peningkatan kinerja PDAM Tirta Patriot dengan menyuntik penyertaan modal hingga Rp 132 Milyar hingga tahun 2018.

Faktor yang menjadi lambatnya perkembangan PDAM Tirta Patriot, kata dia, salah satunya adalah PDAM Tirta Bhagasasi hingga saat ini masih beroperasi di dua wilayah yakni Kota dan Kabupaten Bekasi.

Di tengah proses pemisahan aset BUMD milik Pemkot dan Pemkab Bekasi tersebut, terangnya, wilayah layanan PDAM Tirta Bhagasasi yang berada di Kota Bekasi kurang lebih tercatat sebanyak 92.000 SL.

Walikota Bekasi berharap agar PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi dalam usia 11 tahun ini mampu memberikan kontribusinya yang optimal bagi perkembangan dan kemajuan masyarakat Kota Bekasi dalam memperoleh kemudahan dalam mendapatkan air bersih. (ael/tian)


Ikuti Perkembangan Berita ini dalam Topik :

Komentar