Kemenag Kabupaten Bekasi Lepas Jamaah Haji Gelombang ke II, 276 Gagal Berangkat

Sulistyo Adhi | Selasa, 01 Agustus 2017 | 16:22 WIB

Share Tweet




RAKYATBEKASI.COM, KABUPATEN BEKASI - Sebanyak 404 jamaah haji gelombang kedua diberangkatkan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat ke Embarkasi haji di Kabupaten Bekasi.

"Dan selanjutnya akan dilakukan pengecekan administrasi serta kelengkapan surat-surat yang dibawa oleh jemaah haji," kata Kepala Kemenag Kabupaten Bekasi, H Shobirin di Kabupaten Bekasi, Selasa (01/08).

Dalam keberangkatan yang secara langsung dibuka dengan pembacaan doa, kata dia, dibacakan juga aturan-aturan yang berlaku saat jemaah haji berada di Tanah Suci.

Menurutnya, sejumlah aturan tersebut sangat penting diketahui oleh jemaah haji agar dapat lebih berhati-hati. Dan juga dirinya meminta kepada segenap jamaah haji untuk lebih terkoordinasi dengan baik, agar terhindar dari masalah.

Dalam kesempatan tersebut, Shobirin menyatakan bahwa jemaah haji yang masih berumur 16 tahun belum dapat diikutsertakan, pasalnya ada dua orang yang harus ditunda keberangkatannya.

Penundaan tersebut, terang dia, sesuai dengan Peraturan Menteri Agama No.29 Tahun 2015 pasal 8 yang menyatakan batasan usia jamaah haji harus berumur 18 tahun.

"Dan bila dapat menunjukkan buku nikah yang terlegalisir oleh kementerian Agama, maka jemaah haji muda (di bawah 18 tahun) dapat berangkat ke Tanah Suci, Mekah," jelasnya.

Lebih lanjut Shobirin menjelaskan bahwa sebanyak 276 calon jamaah haji ditunda keberangkatannya dan sudah digantikan dengan jamaah yang masuk dalam daftar tunggu. Pembatalan tersebut, bebernya, paling banyak disebabkan oleh penyakit kronis yang sedang diderita.

"Tetapi ada juga yang berhalangan berangkat dikarenakan permasalahan keluarga, seperti saudara meninggal, melahirkan, dan lain lain," pungkasnya. (Eli/Tian)


Ikuti Perkembangan Berita ini dalam Topik :

Komentar