Koalisi Permanen Golkar dan PDI Perjuangan, Warnai Pilkada 2018

Sulistyo Adhi | Selasa, 15 Agustus 2017 | 15:28 WIB

Share Tweet




RAKYATBEKASI.COM, KOTA BEKASI - Teka-teki bangunan koalisi Partai Golkar pada momentum Pilkada Kota Bekasi 2018 terungkap sudah. Setelah sebelumnya Partai Gerindra dan PKS sepakat membangun koalisi permanen, kali ini Partai Golkar dan PDI Perjuangan juga menyatakan hal yang sama.

Berdasarkan surat Nomor: 78/GOLKAR/VIII/2018 tanggal 14 Agustus 2018 menyatakan bahwa menindaklanjuti hasil pertemuan/ silaturahmi DPD Golkar Jawa Barat dengan DPD PDIP Jawa Barat pada 9 Agustus 2018, kedua partai tersebut sepakat untuk membangun koalisi dan menginstruksikan seluruh DPD tingkat kota dan kabupaten se-Jawa Barat agar melakukan hal yang sama.

Instruksi tersebut sekaligus menepis opini yang menyebut bahwa PDIP dan Golkar akan berkompetisi dan saling berhadapan dalam penghelatan Pilkada Kota Bekasi 2018.

Selain itu, bangunan koalisi gemuk sebagaimana diinisiasi oleh Partai Golkar dengan sejumlah partai lain yang tergabung dalam poros tengah diprediksi bubar, seiring dengan adanya instruksi tersebut.

Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa koalisi Partai Golkar dengan PDIP serta PKS dengan Gerindra bakal bakal berebut dukungan dari partai-partai lain seperti PAN, PPP, Hanura, Demokrat dan PKB serta partai non parlemen.

Sekretaris DPD Golkar Kota Bekasi, Heri Budi Susetyo mengakui bahwa pihaknya mendapat instruksi agar berkoalisi dengan DPC PDI Perjuangan Kota Bekasi.

Hanya saja dirinya masih mempertimbangkan hal tersebut, lantaran PDI Perjuangan Kota Bekasi diprediksi juga bakal mengusung calon walikota, sama halnya seperti yang dilakukan oleh Partai Golkar Kota Bekasi yang bulat mengusung Rahmat Effendi.

“Surat sudah aman. Tetapi kita masih evaluasi,” ucap Heri singkat. (lam/tian)


Ikuti Perkembangan Berita ini dalam Topik :

Komentar