BPOM RI Musnahkan Pangan Kedaluwarsa senilai Rp1,1M

Sulistyo Adhi | Rabu, 30 Agustus 2017 | 15:43 WIB

Share Tweet




RAKYATBEKASI.COM, BOGOR - Badan POM (Pengawas Obat dan Makanan) melakukan pemusnahan sejumlah bahan pangan kedaluwarsa senilai Rp 1,1 miliar hasil pengawasan dari Balai Besar POM, di lokasi pihak ketiga pemusnahan BPOM Jakarta, Desa Wanaherang, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Rabu (30/08).

Pemusnahan yang dilakukan BPOM sejak bulan Ramadhan 1438 H lalu, juga dilaksanakan secara serentak oleh BPOM seluruh Indonesia sejak Juni 2017 lalu.

Menurut Kepala BPOM RI, Penny Kusumastuti Lukito, merubah tanggal kedaluwarsa pada produk pangan dan juga memperjualbelikan pangan tak berizin merupakan bagian dari tindakan kejahatan.

"Bukti kejahatan yang sistemik dalam upaya mengubah atau mengganti tanggal kedaluwarsa atau mengganti brandnya. Serta pangan yang tidak mengandung standar dan mutu untuk dikonsumsi manusia," jelas Penny kepada awak media.

Lebih lanjut Penny menjelaskan bahwa pangan ilegal tersebut didistribusikan di Jabodetabek hingga Kalimantan.

Sebagai informasi, pangan kedaluwarsa, pangan tanpa ijin dan pangan yang berhubungan dengan target pengawasan juga ikut dimusnahkan. Adapun bagi pelaku kejahatan pangan diancam hukuman pidana penjara paling lama 2 tahun atau denda paling banyak  4 miliar rupiah, sesuai dengan pasal 142 Undang Undang No. 18 Tahun 2012 tentang Pangan. (*)


    Komentar