rakyat bekasi Ngerti'in Bekasi

Dana Hibah Rp350 Juta dikorupsi, GMBI Desak Kejari Bekasi Tangkap Hotman Pane

Rabu, 20 September 2017 | 13:38 WIB

RAKYATBEKASI.COM, KOTA BEKASI - Puluhan massa aksi LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Distrik Kota Bekasi menggeruduk Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Bekasi, pada Rabu (20/09) siang.

Dalam demonstrasi tersebut, mereka mempertanyakan keberanian pihak Kejari Bekasi untuk mengusut tuntas kasus dugaan korupsi dana hibah sebesar Rp 350 juta yang bersumber dari APBD Kota Bekasi Tahun Anggaran 2016 yang dilakukan oleh Ketua Organda Kota Bekasi Hotman Pane.

"Kami mendorong Kejari Bekasi agar secepatnya memproses, menangkap dan menahan Ketua Organda Kota Bekasi," kata Seketaris LSM GMBI Distrik Kota Bekasi, Asep Sukarya kepada awak media seusai pihaknya berkomunikasi dengan Kasi Intel Kejari Bekasi, Febrianda Rayendra.

Dibeberkan oleh Asep, bahwa Hotman Pane mencairkan dana hibah/Bansos sebesar Rp 350 juta yang dialokasikan untuk pembinaan dan pembekalan pengurus kelompok Kerja unit (KKU) Organda Kota Bekasi yang bersumber dari APBD Kota Bekasi tahun 2016.

Namun dalam laporan pertanggungjawaban (LPJ) yang dilaporkan oleh Hotman ke Pemkot Bekasi, kata Asep, pihaknya menduga kuat LPJ tersebut penuh dengan rekayasa dan fiktif belaka.

"Dana tersebut dicairkan dalam 3 tahap. Pertama Rp150 juta, kemudian Rp100 juta dan yang terakhir sebesar Rp100 juta," bebernya.

Lebih lanjut Asep menyebutkan bahwa dalam kasus dugaan korupsi ini, ada sejumlah intervensi dari berbagai pihak kepada Kejari Bekasi. Kendati demikian, Kasi Intel Kejari Bekasi telah meyakinkan dirinya bahwa Kejari Bekasi secara tegas akan terus memprosesnya secara hukum dan perundangan yang berlaku di republik ini.

"Bahkan, mereka (Kasi Intel-red) menjanjikan minimal minggu depan (Rabu) sudah ada peningkatan terhadap kasus korupsi tersebut untuk menetapkan tersangkanya," terangnya

Disinggung soal intervensi dalam kasus ini, Asep pun enggan menjelaskan secara gamblang. "Tapi secara jelas, Ya memang ada intervensi dari berbagai pihak," ungkapnya

Asep pun berjanji bahwa pihaknya akan terus mengawal kasus ini hingga tuntas ataupun sampai pihak Kejari Bekasi sanggup menetapkan tersangka dan menahannya.

"Kita akan dorong terus kejaksaan agar proses hukum ini terus berlanjut dan ada tersangkanya," tegasnya.

Sebagai informasi, sejumlah massa aksi membentangkan sejumlah poster yang bertuliskan "Tangkap dan Penjarakan Hotman Pane sekarang juga karena diduga gelapkan dana hibah", "dana hibah habis dimakan Hotman Pane, dan copot Hotman Pane dari Ketua Organda Kota Bekasi". (tian)


Kategori : Bekasi,
Topik : Bekasi, Politik,
Editor : Sulistyo Adhi

twitter

© 2015 Rakyatbekasi.com. All Rights Reserved. | Info Iklan - Redaksi - Tentang rakyatbekasi.com