rakyat bekasi Ngerti'in Bekasi

Kanwil DJP Jawa Barat II akan Serahkan Berkas Perkara yang Rugikan Negara Rp 7,1 miliar

Jumat, 01 Maret 2019 | 07:18 WIB

RAKYATBEKASI.COM - Salah satu program penegakan hukum yang dijalankan Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Barat II pada tahun 2019 adalah penyelesaian penyidikan atas 7 berkas perkara yang berpotensi merugikan keuangan negara sebesar Rp 7,1 miliar. Ketujuh berkas perkara tersebut terdiri dari 3 kasus penggelapan pajak, 3 kasus penyelahgunaan faktur Pajak dan 1 kasus penyampaian SPT tidak benar 

Kepala Kanwil DJP Jawa Barat II Yoyok Satiotomo menyampaikan bahwa proses penegakan hukum yang dilakukan termasuk diantaranya adalah tindakan penyidikan, semata-mata dilakukan untuk memberikan efek jera pada para pelaku tindak pidana perpajakan. Menurut Yoyok,  sebelum upaya penegakan hukum diambil, Wajib Pajak sebelumnya telah memperoleh edukasi yang cukup dan telah pula dihimbau secara persuasif untuk melaksanakan kewajiban perpajakan secara benar.

"Proses penegakan hukum juga diperlukan untuk memberikan rasa keadilan dan kepastian hukum bagi wajib pajak," ujarnya dalam acara ngopi bareng Kakanwil DJP Jabar II di kantornya di Jalan Ahmad Yani, Kota Bekasi, Kamis (28/2/2019). 

Kanwil DJP Jawa Barat II juga telah melakukan kerjasama atau joint programdengan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) dan Instansi, Lembaga, Asosiasi dan Profesi lainnya untuk secara bersama-sama melakukan penegakan hukum. Pelaksanaan joint programtersebut terdiri dari joint audit, joint investigations, dan joint collections.

"Pada tahun 2018 joint program berhasil menambah pemasukan dari penerimaan pajak sebesar Rp. 132 miliar," tambah Yoyok.

Kanwil DJP Jawa Barat II juga menghimbau kepada seluruh wajib pajak untuk segera melaporkan SPT Tahunan 2018 yang akan berakhir pada 31 Maret untuk wajib pajak Orang Pribadi dan 30 April mendatang untuk wajib pajak Badan. Pihaknya mengingatkan agar wajib pajak menyampaikan SPT Tahunan lebih awal dan diisi dengan benar, lengkap dan jelas untuk menghindarkan diri dari tindakan penegakan hukum. 

Penegakan hukum yang dilakukan Kanwil DJP Jawa Barat II selama periode tahun pajak 2018, berhasil memperoleh penerimaan pajak sebesar Rp 1,03 triliun. Penegakan hukum yang dilakukan tersebut membantu pelaksanaan pencapaian target penerimaan Kanwil DJP Jawa Barat II yang ditetapkan sebesar Rp 40,49 triliun.

Kepala Kanwil DJP Jawa Barat II Yoyok Satiotomo mengungkapkan keberhasilan kegiatan penegakan hukum yang dilakukan jajarannya mengindikasikan bahwa pihaknya bertekad untuk memberikan efek jera pada para pelaku tindak pidana perpajakan.

"Tindakan penegakan hukum yang dilakukan Kanwil DJP Jawa Barat II selama kurun waktu 2018 terdiri dari penyelesaian perkara Bukti Permulaan sebanyak 27 wajib pajak dengan  potensi kerugian negara Rp 87,2 miliar," ungkapnya.

Untuk kegiatan penyidikan diselesaikan sebanyak 7 berkas perkara terdiri dari 3 kasus penggelapan pajak, 3 kasus penyimpangan penggunaan Faktur Pajak, dan 1 kasus penyampaian SPT tidak benar dengan total kerugian negara sebesar Rp 7,1 miliar. Atas 7 berkas perkara tersebut dinyatakan telah lengkap (P-21).

Penegakan hukum untuk para Penunggak Pajak yang dilakukan selama tahun 2018 berupa penyampaian Surat Perintah Melakukan Penyitaan Aset Penanggung Pajak (SPMP) sebanyak 584 surat, Pemblokiran Rekening wajib pajaksebanyak 117 dokumen, Lelang Aset sebanyak 9 kali berupa Aset Bergerak dan Aset Tidak Bergerak (Kendaraan, Tanah, dan Bangunan), dan Keputusan Pencegahan Bepergian Keluar Negeri (Cekal) sebanyak 15 surat.

"Jumlah penerimaan pajak yang berhasil dicairkan dari para penunggak pajaksebesar Rp 307,9 miliar," kata Yoyok.

Kegiatan Pemeriksaan Pajak selama tahun 2018, telah diselesaikan sebanyak 123 Wajib Pajak Orang Pribadi dan 1.334 Wajib Pajak Badan dengan penerimaan negara diperoleh sebesar Rp 808,6 miliar. Untuk mencegah tindakan penegakan hukum, wajib pajak dihimbau untuk segera melaksanakan kewajiban perpajakannya tepat waktu, benar, jelas dan lengkap. 


Kategori : Bekasi,
Topik : Bekasi,
Editor : Sulistyo Adhi

© 2018 Rakyatbekasi.com. PT Jurnal Rakyat Media Grup. | Ketentuan Umum - Tentang Kami - Pedoman Media Siber