rakyat bekasi Ngerti'in Bekasi

Dompleng Bantuan Kemenkes RI, Bawaslu Proses Pelanggaran Kampanye Intan Fauzi PAN

Kamis, 07 Maret 2019 | 13:18 WIB

RAKYATBEKASI.COM - Caleg DPR RI Dapil Kota Bekasi dan Kota Depok dari Partai Amanat Nasional (PAN), Intan Fitriana Fauzi, disebut telah melanggar aturan kampanye berdasarkan pembahasan forum internal Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bekasi. 

Komisioner Bawaslu Kota Bekasi Ali Mahyail menjelaskan pembahasan putusan internal diawali pengaduan masyarakat atas dugaan pemanfaatan fasilitas negara untuk kampanye. Pihaknya lalu pada Selasa (5/3/2019) melakukan sidak ke posko pemenangan Intan, lalu menemukan makanan bayi dan susu ibu hamil yang diproduksi oleh Kementerian Kesehatan RI.

Menurut Ali, makanan yang dikemas menggunakan dus tersebut dilengkapi stiker pencalegan Intan sehingga dikhawatirkan barang itu digunakan sebagai alat kampanye. Sebelumnya berdasarkan aduan, barang itu sudah pernah dibagikan di wilayah Bekasi Timur dan Jatiasih, meski, lanjutnya, pembagian diduga dilakukan oleh timses.

"Kita temukan sekitar seribu dus, masing-masing berisi empat box makanan bayi dan makanan ibu hamil," kata Ali kepada RAKYATBEKASI.COM, Kamis (07/03).

Setelah investigasi dan pembahasan mendalam di forum Bawaslu, pihaknya kemudian menetapkan bahwa hal tersebut termasuk pelanggaran.

"Kita sepakat itu masuk pelanggaran. Tapi sebagaimana diatur pada UU Nomor 7 Tahun 2017 Pasalnya 523 ayat 1 juncto pasal 280 ayat 1 huruf j tentang peserta kampanye memberikan atau menjanjikan uang atau materi lainnya. Nah itu ancaman hukumannya 1 tahun dan denda Rp12 juta," jelasnya. 

Pihaknya selanjutnya akan menyerahkan kasus kepada Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) untuk diproses lebih lanjut dengan memegang bukti-bukti yang sudah dikumpulkan Bawaslu.

"Kita sudah ada bukti materil, barangnya sudah kita temukan. Kemudian foto dan saksi-saksinya. Saksi sudah ada empat, dua dari luar dan dua lainnya dari Bawaslu. Jumat ini (8/3/2019) kita mulai rapat pembahasan satu bersama Gakkumdu," ungkapnya.


Kategori : Politik,
Topik : Bekasi, Politik,
Editor : Sulistyo Adhi

© 2018 Rakyatbekasi.com. PT Jurnal Rakyat Media Grup. | Ketentuan Umum - Tentang Kami - Pedoman Media Siber