rakyat bekasi Ngerti'in Bekasi

Bapemperda DPRD Kota Bekasi Dorong Pemkot Usulkan Pembentukan Perda Inisiatif Pajak Online

Senin, 02 Desember 2019 | 20:52 WIB

RAKYATBEKASI.COM, KOTA BEKASI - Ketua Bapemperda (Badan Pembentukan Peraturan Daerah) DPRD Kota Bekasi, Nicodemus Godjang meminta pihak eksekutif segera mengusulkan Perda Inisiatif agar rencana penerapan pajak berbasis elektronik dapat dilakukan.

"Kita sangat mendukung rencana pajak online oleh Pemerintah Kota Bekasi. Maka itu, kita tunggu usulannya untuk menyusun regulasi yang dibutuhkan sebagai payung hukum pajak berbasis teknologi," kata Nico kepada RAKYATBEKASI, Senin (02/12/2019).

Jika pajak berbasis elektronik tersebut diterapkan, kata dia, maka pendapatan daerah diprediksi akan meningkat tajam. Sebab, segala kebocoran akan terdeteksi apabila mengadopsi sistem online.

"Tentunya pendapatan daerah akan meningkat dan mempersempit angka kebocoran. Tetapi kita tunggu usulan dari eksekutif," ujar dia.

Kendati demikian, Nico membeberkan bahwa pihaknya belum mempelajari tentang sistem pajak berbasis elektronik seperti yang diwacanakan oleh pemerintah. Namun begitu, Nico mengakui, Tahun 2020, seluruh instansi pemerintah memiliki semangat dalam meningkatkan pendapatan daerah seiring dengan pencanangan Presiden Jokowi.

"Bapemperda akan serius membuat payung hukum yang dibutuhkan. Tentunya kita harus samakan semangat ini agar PAD Kota Bekasi terus mengalami peningkatan, sehingga program yang dilaksanakan pemerintah tidak terganjal karena persoalan anggaran," imbuhnya..

Politisi PDI Perjuangan ini mencontohkan bahwa Kota Surabaya lebih dahulu sudah menerapkan pajak online. Mengadopsi itu, Nico optimis segala capaian target pendapatan daerah akan terealisasi.

"Jika usulan sudah ada, kita akan pelajari regulasi yang sudah diterapkan oleh Pemerintah Kota Surabaya, sebagai salah satu daerah yang sudah menerapkan pajak online," pungkasnya.

Sebagai informasi, Pemerintah Kota Bekasi mendapat masukan dari produsen aplikasi agar menerapkan sistem pajak online. Produsen ini merupakan karya putra Kota Bekasi dengan nama 'onpajak' yang dapat di download di playstore dan appstore.

Keunggulan sistem tersebut dapat menempatkan kontrol terbesar di tangan konsumen seperti di restoran, hotel, ataupun tempat hiburan sebagai salah satu sasaran target pendapatan. (tian)

 


Kategori : Politik,
Topik : Bekasi, Politik,
Editor : Sulistyo Adhi

© 2018 Rakyatbekasi.com. PT Jurnal Rakyat Media Grup. | Ketentuan Umum - Tentang Kami - Pedoman Media Siber