rakyat bekasi Ngerti'in Bekasi

Ini Dia Seruan Komunitas Perokok Bijak Kota Bekasi

Selasa, 19 April 2016 | 13:26 WIB

RAKYATBEKASI.COM, KOTA BEKASI - Merokok adalah sebuah kebebasan pilihan individu, sebagaimana ditegaskan oleh Mahkamah Konstitusi (MK) bahwa merokok merupakan hak dari individu, dan tidak menempatkan tembakau dan cengkeh sebagai produk pertanian yang di larang, sehingga rokok adalah produk legal yang kemudian dibuktikan dengan pengenaan cukai terhadap produk rokok dan tembakau.

Berdasarkan UU Nomor 39 tahun 2009, tentang kesehatan pasal 115 ayat 1, jelas tertera bahwa tempat-tempat umum seperti Kantor, Pusat Perbelanjaan wajib menyediakan area merokok. Berkaca terhadap ketetapan yang ada, merokok merupakan hak dan bukanlah tindakan yang melanggar hukum.

Sehingga cukup adil jika para perokok beradab, beretika dan bermoral adalah dengan merokok di ruang khusus yang tak dapat diakses oleh kalangan bukan perokok.

Berbekal dengan sejumlah aturan yang berlaku dengan disertai dengan hak dan kewajiban perokok, Komunitas Perokok Bijak hadir di Kota Bekasi.

Kami hadir untuk menunjukan bahwa Perokok adalah Warga Negara yang sadar akan hak dan kewajiban sesuai aturan, serta memiliki etika moral dan kelas sosial yang tidak boleh dianggap sebagai warga negara kelas dua.

Kami Komunitas Perokok Bijak Bekasi menegaskan bahwa Kota Bekasi tidak memerlukan lagi tambahan Peraturan Daerah (Perda) Kawasan Tanpa Rokok (KTR) yang nantinya hanya dijadikan ajang proyek untuk bancakan para oknum pejabat korup yang menghisap uang rakyat.

Karena segala aturan mengenai perokok yang tertera di Pasal 25 dalam Perda No 10 Tahun 2011 tentang K3 (Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan) Kota Bekasi, sudah sangatlah tepat.

Kami mengharapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mampu mengimplementasikan aturan tersebut bersama dengan seluruh stake holder, dengan menyediakan "Tempat Khusus Merokok" yang dilengkapi dengan alat penghisap udara di sejumlah ruang publik dan fasilitas umum yang sesuai dengan aturan yang berlaku.

Kami, Komunitas Perokok Bijak Kota Bekasi bersepakat dan berkomitmen, bahwa sejumlah tempat umum seperti, sarana kesehatan, tempat kerja, kawasan belajar mengajar, tempat ibadah dan angkutan umum adalah "Kawasan Tanpa Rokok".

Kami, Komunitas Perokok Bijak Kota Bekasi, mengajak segenap Perokok untuk menjadi seorang Perokok Bijak yang beradab dan beretika dalam menjalankan aktivitas merokoknya dengan memperhatikan dan mengerti hak-hak orang yang tidak merokok, serta tidak merokok di "Kawasan Tanpa Rokok".

Meskipun tidak berada di "Kawasan Tanpa Rokok", Perokok Bijak yang beradab dan beretika, haruslah tidak merokok di depan anak-anak dan Ibu Hamil. Perokok Bijak pun harus memahami jika tidak menemukan asbak saat sedang bertamu, secara tidak langsung tuan rumah melarang untuk merokok di tempatnya. (***)


Kategori : Opini,
Topik : Bekasi,
Editor : Sulistyo Adhi

twitter

© 2015 Rakyatbekasi.com. All Rights Reserved. | Info Iklan - Redaksi - Tentang rakyatbekasi.com