rakyat bekasi Ngerti'in Bekasi

DTKB dan Dishub Kota Bekasi Hadiri Bimtek Transportasi Jabodetabek

Selasa, 22 Agustus 2017 | 10:56 WIB

RAKYATBEKASI.COM, JAKARTA - Dinas Perhubungan Kota Bekasi yang diwakili oleh Kabid Lalulintas JB Gunawan S, dan Dewan Transportasi Kota Bekasi (DTKB) yang diwakili Oleh Ketua Komisi Edukasi Dewa Sinadan, mengikuti Bimtek Perencanaan Integrasi Simpul Transportasi Jabodetabek dalam Rangka Pengembangan Transit Oriented Development (TOD) dan Sistem Angkutan Massal (SAUM).

Bimtek yang digelar Oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) di Park Hotel, diyakini akan sangat bermanfaat bagi pengembangan TOD dan SAUM Kota Bekasi yang sedang merencanakan kedua hal tersebut di Kawasan Summarecon Bekasi, Stasiun Bekasi Baru dan Stasiun LRT yang akan segera beroperasi.

TOD merupakan salah satu pendekatan pengembangan kota yang mengadopsi tata ruang campuran dan maksimalisasi penggunaan angkutan massal seperti Busway/BRT, Kereta api kota (MRT), Kereta api ringan (LRT), serta dilengkapi dengan jaringan pejalan kaki/sepeda.

Dengan demikian, setiap rute perjalanan akan didominasi dengan penggunaan angkutan umum yang terhubungkan langsung dengan tujuan perjalanan.

Tak hanya itu, tempat perhentian angkutan umum yang biasanya mempunyai kepadatan yang relatif tinggi, nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas parkir, khususnya parkir sepeda.

Pengembangan dan penerapan TOD telah menjadi tren di kota-kota besar khususnya di kawasan kota baru yang besar seperti Tokyo di Jepang, Seoul di Korea, Hongkong, Singapura, serta beberapa kota di Amerika Serikat dan Eropa yang semuanya memanfaatkan kereta api kota.

Adapun dampak dari penerapan TOD di kota besar, akan menurunkan ketergantungan terhadap kendaraan pribadi dengan adanya pilihan angkutan yang cepat, murah dan mudah mencapai tujuan.

Masyarakat nantinya akan terbiasa berpergian hanya dengan hanya berjalan kaki, bersepeda, kemudian menggunakan angkutan umum. Masyarakat tidak perlu repot lagi mencari tempat parkir yang akhirnya akan berdampak dengan menurunnya biaya operasional perjalanan dalam kesehariannya. (*)


Kategori : Bekasi,
Topik : Bekasi,
Editor : Sulistyo Adhi

twitter

© 2015 Rakyatbekasi.com. All Rights Reserved. | Info Iklan - Redaksi - Tentang rakyatbekasi.com