Home / Politik

Rabu, 25 November 2020 - 19:16 WIB

Ketua DPRD Kota Bekasi Janjikan Transparansi dan Komunikatif di Tahun 2021

Sekwan, M Ridwan (kiri), Ketua DPRD Kota Bekasi, Choiruman J Putro (tengah), Ketua IWO, Iwan Nendi (kiri) dalam kegiatan Coffee Morning di Bekasi Timur, Rabu (25/11/2020).

BACA BEKASI – Ketua DPRD Kota Bekasi, Choiruman J Putro menyatakan bahwa pada tahun 2021 pihaknya bakal menyajikan wajah baru kepada publik, yakni transparansi dan komunikatif.

Hal tersebut dikatakan Choiruman, menyusul besarnya kontribusi media terhadap kinerja DPRD. Namun, keterbatasan akses media dalam memperoleh informasi masih dipandang kurang optimal.

“2021 kita akan tampilkan wajah baru, wajah yang lebih terbuka, mudah diakses dan komunikatif dengan publik, terutama dalam memenuhi kebutuhan informasi bagi awak media,” ucap Choiruman dalam kegiatan Coffee Morning Sekretariat DPRD Kota Bekasi di Cafe Bale Bambu, Margahayu, Bekasi Timur, Rabu (25/11/2020).

Choiruman mengaku, informasi yang diserap masyarakat cenderung berasal dari media massa. Hanya saja, selama kurun waktu ke belakang, banyak informasi yang belum terekspos secara maksimal.

Baca Juga:  Alamak, Oknum ASN Diduga Lakukan Pelecehan Seksual Terhadap TKK di Kantor Kelurahan

“Hal ini tentu menjadi pertimbangan, sehingga ke depan kita akan lebih memaksimalkan peran media dalam mensosialisasikan kebijakan maupun produk yang dihasilkan oleh DPRD,” kata Choiruman.

“Kita juga ingin menciptakan lingkungan nyaman dan transparan, karena itu kita mendorong setiap anggota legislatif lebih terbuka terkait informasi apapun kepada awak media agar bisa menyampaikan kepada masyarakat. Sehingga tema yang diangkat menjadi isu publik,” tambahnya.

Dorongan optimalisasi informasi, merupakan usulan disampaikan berbagai awak media dalam kegiatan tersebut.

Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Kota Bekasi, Iwan Nendi mengatakan DPRD kurang melibatkan media dalam sosialisasi terkait kinerja maupun kebijakan politik maupun produk hukum DPRD Kota Bekasi.

Baca Juga:  Terkait Usulan Raperda Perlindungan Perempuan dan Anak, Ketua Bapemperda: Sudah Masuk Propemperda 2022

“Kita harapkan ke depan kekurangan ini dapat diperbaiki, sehingga sinergitas media dengan DPRD bisa berjalan dengan baik,” ujar Iwan dalam kegiatan yang mengangkat tema Sinergitas Media dalam Menunjang Peran Legislatif DPRD Kota Bekasi.

Di tempat sama, Sekretaris DPRD Kota Bekasi, M Ridwan memaparkan peran Sekretariat dalam menunjang seluruh kinerja anggota legislatif diperlukan kerjasama dan sinergitas dengan media.

Hanya saja, beberapa persoalan kerap dijumpai pihaknya, salah satunya mengenai kehati-hatian dalam menyajikan legal drafting.

“Sekretariat akan selalu terbuka untuk rekan media selama ini demi kebaikan dan kebutuhan informasi publik. Adapun beberapa persoalan komunikasi yang tersumbat, ke depan akan kita perbaiki bersama,” pungkasnya. (han/mar)

Share :

Baca Juga

Politik

AS Dinilai Coreng Angkatan Muda Ka’bah, Cemong Langsung Ambil Sikap

Politik

Muscab VIII DPC PPP Kota Bekasi Harus Sesuai Dengan AD/ART dan PO

Politik

Bung Bahar Farowan dan King Vidor Resmi Nahkodai DPP Pemuda Demokrat Indonesia

Politik

Ketua Pansus XII: Raperda ATHB Kota Bekasi Tunggu Hasil Fasilitasi Pemprov Jabar

Politik

Ini Dia “Kuda Hitam” Pengganti Sholihin Sebagai Ketua DPC PPP Kota Bekasi

Politik

Sambut Natal 2021, Persatuan Istri Anggota DPR-RI Gelar Bakti Sosial

Politik

Pengadaan Mobil Pimpinan Dewan Lolos di Tengah Pandemi, Aktivis GmnI: Dimana Empati Ketua DPRD Kota Bekasi?

Politik

Turunnya Pamor Rumah Besar Umat Islam, Warnai Harlah PPP ke 48