Home / Politik

Rabu, 25 November 2020 - 19:16 WIB

Ketua DPRD Kota Bekasi Janjikan Transparansi dan Komunikatif di Tahun 2021

Sekwan, M Ridwan (kiri), Ketua DPRD Kota Bekasi, Choiruman J Putro (tengah), Ketua IWO, Iwan Nendi (kiri) dalam kegiatan Coffee Morning di Bekasi Timur, Rabu (25/11/2020).

BACA BEKASI – Ketua DPRD Kota Bekasi, Choiruman J Putro menyatakan bahwa pada tahun 2021 pihaknya bakal menyajikan wajah baru kepada publik, yakni transparansi dan komunikatif.

Hal tersebut dikatakan Choiruman, menyusul besarnya kontribusi media terhadap kinerja DPRD. Namun, keterbatasan akses media dalam memperoleh informasi masih dipandang kurang optimal.

“2021 kita akan tampilkan wajah baru, wajah yang lebih terbuka, mudah diakses dan komunikatif dengan publik, terutama dalam memenuhi kebutuhan informasi bagi awak media,” ucap Choiruman dalam kegiatan Coffee Morning Sekretariat DPRD Kota Bekasi di Cafe Bale Bambu, Margahayu, Bekasi Timur, Rabu (25/11/2020).

Choiruman mengaku, informasi yang diserap masyarakat cenderung berasal dari media massa. Hanya saja, selama kurun waktu ke belakang, banyak informasi yang belum terekspos secara maksimal.

Baca Juga:  Praktisi Hukum: "Uang Titipan" Bisa Disebut Gratifikasi

“Hal ini tentu menjadi pertimbangan, sehingga ke depan kita akan lebih memaksimalkan peran media dalam mensosialisasikan kebijakan maupun produk yang dihasilkan oleh DPRD,” kata Choiruman.

“Kita juga ingin menciptakan lingkungan nyaman dan transparan, karena itu kita mendorong setiap anggota legislatif lebih terbuka terkait informasi apapun kepada awak media agar bisa menyampaikan kepada masyarakat. Sehingga tema yang diangkat menjadi isu publik,” tambahnya.

Dorongan optimalisasi informasi, merupakan usulan disampaikan berbagai awak media dalam kegiatan tersebut.

Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Kota Bekasi, Iwan Nendi mengatakan DPRD kurang melibatkan media dalam sosialisasi terkait kinerja maupun kebijakan politik maupun produk hukum DPRD Kota Bekasi.

Baca Juga:  Gugatan Ditolak PN Bekasi, Wasimin Sukses Ulur Waktu PAW Enie

“Kita harapkan ke depan kekurangan ini dapat diperbaiki, sehingga sinergitas media dengan DPRD bisa berjalan dengan baik,” ujar Iwan dalam kegiatan yang mengangkat tema Sinergitas Media dalam Menunjang Peran Legislatif DPRD Kota Bekasi.

Di tempat sama, Sekretaris DPRD Kota Bekasi, M Ridwan memaparkan peran Sekretariat dalam menunjang seluruh kinerja anggota legislatif diperlukan kerjasama dan sinergitas dengan media.

Hanya saja, beberapa persoalan kerap dijumpai pihaknya, salah satunya mengenai kehati-hatian dalam menyajikan legal drafting.

“Sekretariat akan selalu terbuka untuk rekan media selama ini demi kebaikan dan kebutuhan informasi publik. Adapun beberapa persoalan komunikasi yang tersumbat, ke depan akan kita perbaiki bersama,” pungkasnya. (han/mar)

Share :

Baca Juga

Politik

Calon Kajari Kota Bekasi Diam-Diam Temui Ketua DPRD? Ada Apa?

Politik

Penjabat Kepala Daerah Rawan Jadi Agen Partai Politik di Pemilu 2024

Politik

Gelar Reses I TA 2022 di RW 05, Bang Jack Beberkan Realisasi Aspirasi Warga

Politik

Megawati Soekarno Putri Harus Beri Contoh Demi Kemajuan Demokrasi

Politik

Gugatan Ditolak PN Bekasi, Wasimin Sukses Ulur Waktu PAW Enie

Politik

Golkar, PAN dan PPP Berhimpun dalam Koalisi Bertiga Bersatu, AHY Ditinggal?

Politik

Ketua DPRD Kota Bekasi Batal Dicopot, Sekwan: Tak Perlu Berpolemik, Semua Ada Aturan dan Tahapannya

Bekasi Raya

Macet Menahun di Pertigaan Sumir, Anggota DPRD Cuma Bisa Pasang Baliho?