Home / Bekasi Raya / Nasional

Selasa, 17 Agustus 2021 - 07:32 WIB

PPKM Lanjut Sampai 23 Agustus 2021, Bekasi Tetap di Level 4

JAKARTA – Pemerintah resmi memperpanjang PPKM level 4 untuk Jawa-Bali mulai 16 Agustus hingga 23 Agustus 2021 mendatang. Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan, perpanjangan PPKM level 4,3,2 di Jawa-Bali ini sesuai dengan petunjuk dan arahan Presiden RI, Joko Widodo.

“Sampai 16 Agustus menunjukkan hasil baik terlihat dari tren konfirmasi pada 15 Agusuts turun 76%, minggu lalu 59% sekarang 76% kasus aktif turun, angka kesembuhan meningkat kematian juga turun,” katanya dalam konferensi pers, Senin (16/08) malam.

Meski diperpanjang, ada pelonggaran kapasitas pengunjung mal sampai 50% dan membolehkan resto melayani dine in dengan kapasitas 25%. “Dua orang per meja selama seminggu ke depan selama level 4 dan di wilayah level 3,” kata Luhut lagi.

Tak hanya pelonggaran di pusat belanja, pemerintah juga akan melakukan uji coba Protokol Kesehatan untuk Perusahaan-perusahaan orientasi ekspor dan orientasi domestik yang ditentukan oleh oleh Kementerian Perindustrian. Artinya perusahaan yang sebelumnya Work From Home (WFH) sebagian 50%, kini bisa 100% Work From Office (WFO) dengan syarat ketat.

“Total karyawan yang akan mengikuti uji coba ini mencapai lebih dari 390 ribu orang. Industri tersebut akan diizinkan beroperasi 100% (WFO) dengan penerapan minimal 2 shift. Para perusahaan tersebut wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi juga untuk melakukan screening terhadap karyawan dan non karyawan yang masuk ke lokasi pabrik,” terangnya.

Baca Juga:  Pemilihan Ketua LPM Bantargebang Memanas, Ketua Panlih Lapor Dewan

Tak hanya itu, Luhut juga berjanji akan meningkatkan kapasitas tempat ibadah menjadi 50% dari sebelumnya hanya 25%.

“Pemerintah akan meningkatkan tempat ibadah 50% pada PPKM Level 4 dan Level 3 dengan penerapan protokol kesehatan yang baik,” pungkasnya.

Menindaklanjuti keputusan pemerintah ini, Menteri Dalam Negeri sudah membuat instruksi yang tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri No 34 Tahun 2021 tentang “Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level4, Level 3 dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali” yang ditandatangani pada 16 Agustus 2021.

Baca Juga:  Seusai Disuntik Vaksin, Bang Pepen: Tak Usah Panik, Rasanya Seperti Digigit Semut

Dalam instruksi tersebut, Kota dan Kabupaten Bekasi masih tak bergerak dengan penerapan PPKM Level 4 (empat) bersama dengan Kota Sukabumi, Kota Depok, Kota Cirebon, Kota Cimahi, Kota Bogor, Kota Bandung, Kabupaten Sumedang, kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Bandung.

Penerapan PPKM Level 3 (tiga) diberlakukan di Kabupaten Kuningan, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Subang, Kabupaten Garut, Kabupaten Purwakarta, Kota Banjar, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Karawang, dan Kota Tasikmalaya diberlakukan. Sementara itu, Kabupaten Tasikmalaya diberlakukan PPKM Level 2 (dua).

Instruksi Menteri Dalam Negeri No 34 Tahun 2021

Share :

Baca Juga

Bekasi Raya

Redaksi Rakyat Bekasi Disomasi, Pendiri AJI: Ini Bentuk Intimidasi Demi Bungkam Kritik

Nasional

PPKM Jawa-Bali Diperpanjang hingga 4 Oktober, Tak Ada Level 4

Bekasi Raya

KBLI 56031 Belum Terverifikasi, DPMPTSP Sebut Holywings Bekasi Tak Berizin

Bekasi Raya

BEM Universitas Mitra Karya Sosialisasikan Program Beasiswa di Kecamatan Bekasi Timur

Bekasi Raya

Alamak, Oknum ASN Diduga Lakukan Pelecehan Seksual Terhadap TKK di Kantor Kelurahan

Bekasi Raya

Muscam KNPI Langgar Prokes Covid – 19, Wali Kota Diminta Evaluasi Pejabat Camat Bekasi Utara

Bekasi Raya

Dewan Mahasiswa INISA Bekasi Gelar Aksi Galang Dana Peduli Banjir

Bekasi Raya

MUI Kota Bekasi Izinkan Rumah Makan Buka Siang Hari Selama Ramadhan