Home / Politik

Minggu, 14 November 2021 - 07:24 WIB

Ketua DPRD Kota Bekasi: Tanpa Peran Media Massa, Masyarakat Tidak Tahu Produk Perundangan

Tanpa adanya peran media massa baik cetak maupun elektronik, dikhawatirkan masyarakat tidak mengetahui berbagai produk perundang-udangan yang telah dihasilkan DPRD Kota Bekasi. Oleh karena itu, sinergitas antara awak media dengan segenap anggota legislatif dirasa sangat perlu dibangun.

Demikian disampaikan oleh Ketua DPRD Kota Bekasi, Choiruman J Putro usai mengisi acara Media Gathering 2021 yang diikuti tidak kurang dari 98 wartawan dari berbagai media di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/11/2021).

“Membangun komunikasi dengan media melalui kegiatan Gathering ini, akan terwujud sinergitas yang sangat bagus dan mudah-mudahan kendala-kendala yang dihadapi para wartawan dapat disampaikan dengan baik, kemudian dewan pun juga dapat menyediakan sarana pra sarananya yang memungkinkan untuk memperbaiki kinerja mereka saat menyampaikan kerja-kerja di kedewanan,” kata Choiruman J Putro.

Selain itu, lanjut Choiruman, di era digital sekarang ini wartawan dituntut semakin profesional. Munculkan Citizen Journalism yang mana masyarakat dapat menyampaikan informasi secara individu, membuat wartawan harus mampu mewujudkan informasi yang lebih kredibel, akurat, jelas, fakta, terverifikasi dan obyektif. Sehingga nilai jurnalistik dari produk jurnalis wartawan berbeda dengan citizen journalism.

“Ke depan kita dorong lembaga-lembaga yang menjadi naungan wartawan juga lebih profesional. Mereka harus mendorong wartawannya punya uji kompetensi dan terdaftar di lembaga pers. Sebab, akan muncul demand dan supply yang tinggi, bila demandnya sangat ketat wartawan juga harus mempersiapkan dan memperbaiki diri,” imbuhnya.

Dia juga menuturkan, nantinya dewan membutuhkan media yang memiliki pure yang lebih besar dan lebih bagus.

Baca Juga:  Safari Lebaran Prabowo, Koalisi Baru Menuju 2024

“Biar tidak terjadi stagnasi dan ketidak pahaman kita beri waktulah. Mudah-mudahan ke depan semuanya mewujudkan profesionalitas karena semua media tidak bisa kita tampung. Sebagai konsekwensinya kedepan pasti akan terseleksi, seiring media semakin profesional dan wartawan semakin kompeten,” tuturnya.

Panitia Media Gathering DPRD Kota Bekasi 2021 Tidak Profesional

Sementara itu, terkait kegiatan Media Gathering 2021, Jumrowi salah satu peserta dari Media Detak mengatakan, panitia kegiatan Gathering tersebut perlu banyak belajar. Pasalnya, personil panitia terlalu kaku dan kurang komunikatif.

Ketidak profesionalan panitia terbukti dibatalkannya acara malam inagurasi yang sudah dijawalkan. Padahal, Ketua DPRD Kota Bekasi sudah menunggu sebelum dimulainya acara tersebut.

“Panitia tidak bisa beralasan kalau pesertanya gak ada, bila panitia profesonal dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya tinggal diumumkan wartawan pasti hadir di acara itu, rekan-rekan wartawan pasti sudah tau apa yang akan dilakukan dalam kegitan Gathering tersebut,” tegas Jumrowi.

Hal senada juga disampaikan pula kepada peserta lainnya, Agung Sulistyo dari wartawan RakyatBekasi.com. Dia mengatakan, panitia Media Gathering menjelaskan tidak profesional dalam menjalankan fungsi, tugas dan tanggung jawab.

Baca Juga:  Punya Kader Paling Banyak, Golkar Optimis Menang Pemilu 2024

Contoh kecil saja, tidak ada komunikasi timbal balik membuat rekan-rekan wartawan hanya bisa menunggu informasi dari panitia saja, karena group whats app peserta gathering hanya bisa menerima info dari panitia selaku admin grup tanpa bisa berinteraksi, karena di group WA tersebut hanya admin grup yang bisa mengirim pesan.

“Ke depan panitia harus lebih profesional, dan pelaksanaan Media Gathering yang dilaksanakan sekarang ini sebagai pelajaran menuju lebih baik lagi kedepannya,” kata Agung.

Menurut pengamatannya, pelaksanaan Media Gathering 2021 yang dilaksanakan DPRD Kota Bekasi berjalan lancar, walaupun panitia dalam pelaksanaan dan pelaksanaannya tidak dilaksanakan secara keseluruhan dalam acara tersebut.

Walaupun acara tidak dijalankan sesuai jadwal yang telah ditentukan, tetapi peserta cukup puas dengan kehadiran Sekretaris DPRD Kota Bekasi, Hanan yang datang langsung dari Kabupaten Bojonegoro karena mengikuti kegiatan Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi. Bahkan sebagai tuan rumah Sekwan ikut kegiatan Rafting dengan insan pers tersebut. (Mar)

Share :

Baca Juga

Politik

Ini Dia Hal Penting Yang Harus Dilakukan Plt Wali Kota Bekasi Seusai Mutasi

Politik

Nasdem Tolak Koalisi dengan Parpol Non Parlemen, Buka Peluang dengan PKB-PKS?

Politik

Targetkan 12 Kursi di Pileg 2024, Gerindra Kota Bekasi Rombak PAC Lama Yang Ogah Kerja

Politik

Ini Dia “Kuda Hitam” Pengganti Sholihin Sebagai Ketua DPC PPP Kota Bekasi

Politik

Bawaslu, KNPI dan 44 Ormas di Kota Bekasi Siap Awasi Pelaksanaan Tahapan Pemilu 2024

Politik

Lebih dari 11 Komisioner KPUD Dicatut Jadi Kader Parpol, KPU Lakukan Klarifikasi

Politik

Bertemu Ketum Beringin, Kang Emil Pakai Baju Kuning

Politik

Gantikan Sekretaris DPC PPP Kota Bekasi Cabul, Dawam Tak Pernah Dianggap Sholihin