Home / Bekasi Raya

Jumat, 28 Januari 2022 - 15:39 WIB

Plt Wali Kota Bekasi Kunjungi Kandang Kambing Bernilai Hampir Rp2 Miliar

KOTA BEKASI – Plt Walikota Bekasi, Tri Adhianto kunjungi kandang kambing yang sedang ramai di sosial media karna anggarannya dinilai fantastis.

Kunjungan dilakukan pada Jumat pagi (28/1) ke beberapa kelompok tani yang mendapat bantuan program pengadaan kandang kambing atau domba melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Bekasi, bagi 100 orang masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani yang tersebar di 11 kecamatan.

Salah satu kelompok tani yang dikunjungi adalah Yanto, warga Kelurahan Sepanjang Jaya, Kecamatan Rawa Lumbu, Kota Bekasi.

Terlihat kandang kambing dibangun dengan menggunakan rangka atap baja ringan dengan ukuran luas kurang lebih 28 meter.

“Satu kandang kambing ditaksir biayanya 19 juta untuk 100 kandang. Jadi sekitar 1,9 M. Informasi ini harus diluruskan. Bukan 2,3 M” tutur Tri.

Baca Juga:  Kadin Kota Bekasi Dorong Pihak Swasta Segera Realisasikan Dana CSR

Tri menuturkan bahwa semua kebutuhan disiapkan oleh pemkot, kelompok tani hanya menyediakan lahan. Tentunya mereka yang mendapat bantuan ini sudah lolos secara persyaratan dan verifikasi administrasi.

“Semua kebutuhan kita siapkan, dari kandangnya, ternaknya (kambing) dan pakannya. Kelompok tani hanya menyediakan tempat,” tutur Tri

Menurutnya, program ini bertujuan untuk pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi covid 19. Masyarakat perlu diberikan dukungan usaha.

“Tujuanya pemberdayaan masyarakat dan pemulihan ekonomi, supaya masyarakatnya produktif. Satu kelompok tani terdiri dari 10 orang, dan ini di distribusikan ke 100 kelompok tani. Kalau mereka bisa konsisten dan telaten, bisa dibayangkan dampaknya,” ungkap Tri

Lebih lanjut, menurutnya program ini bukan cuma-cuma, ada hak dan kewajiban yang perlu dipenuhi oleh peternak. Salah satunya adalah mengembalikan hasil ternak ke pemerintah.

Baca Juga:  Wali Kota Bekasi dan Gubernur DKI Sepakat Perpanjang Kerjasama TPST Bantargebang

“Ada kesepakatan antara pemkot dan poktan. Kalau ada anaknya dikasih lagi ke pemkot yang nantinya akan diberikan kepada penerima bantuan berikutnya, gitu terus sampe Bekasi punya banyak juragan kambing” tambah pria yang akrab disapa Mas Tri.

Adapun yanto sebagai peternak merasa terbantu meski dari sisi mata anggaran sangat fantastis. Terlebih kini sudah menghasilkan dua anak kambing.

“Masih wajar, kalau di tempat saya ya. Menurut saya pekerjaannya juga rapih. Lagi pula jika ada kekurangan kan masa perawatan kandang atau garansi masih sampai Juni 2022,” jelas dia.

Diketahui dari satu kelompok tani menerima 11 ekor kambing yang terdiri dari 10 ekor kambing jantan dan 1 ekor betina, ditambah konsentrat dua ton, beberapa jenis nutrisi, dan bibit rumput odot.

Share :

Baca Juga

Bekasi Raya

Refleksi 3 Tahun Duet Maut Bang Pepen dan Mas Tri, Pemkot Bekasi Silaturahmi Dengan Insan Pers

Bekasi Raya

Kapolrestro Bekasi Kota Cek Kesiapan Personil untuk Pengamanan Arus Mudik Lebaran

Bekasi Raya

Ini Saran Wagub Jabar Terkait Pembebasan Lahan Proyek IPA-SPAM Jatiluhur I

Bekasi Raya

Pemain PCB Persipasi Diduga Dipukul Oknum Panpel, Arif Rahman Hakim Murka

Bekasi Raya

Duit Suap Wali Kota Bekasi Mengalir Di Sejumlah Aset Milik RE

Bekasi Raya

Benda Diduga Bom Ditemukan Warga Di Tong Sampah Kampung Garapan Caman

Bekasi Raya

Wakil Wali Kota Bekasi Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Massal Pfizer Dosis Pertama

Bekasi Raya

Jaga Kondusifitas Saat Mudik Lebaran, Mas Tri Wajibkan Beberapa OPD Tidak Libur