Home / Bekasi Raya

Rabu, 20 April 2022 - 14:13 WIB

Gubernur Jawa Barat Resmikan Wisata Air Kalimalang, Bekasi Makin Keren

BEKASI SELATAN – Pekerjaan Pembangunan Wisata Air Kalimalang yang berada di Jalan M Hasibuan, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, dianggap sudah dalam tahap penyelesaian dan bisa dimanfaatkan oleh warga masyarakat Kota Bekasi maupun warga luar Kota Bekasi

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan didampingi oleh Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto pada hari ini, Rabu (20/04) siang, meresmikan secara langsung Wisata Air Kalimalang.

Dalam sambutannya, Ridwan Kamil menyampaikan, bahwa kondisi seperti inilah yang telah ditunggu-tunggu oleh pihaknya. Karena sudah 2 Tahun Covid-19 tidak terelakan dan harus dilalui.

“Dan kita betul-betul merindukan hadir dalam bentuk peresmian-peresmian dari pencapaian-pencapaian. Hari ini Alhamdulillah, Allah memberikan kemudahan kita bisa hadir disebuah tempat yang istimewa ini,” kata RK sapaan akrabnya saat melakukan peresmian Wisata Air Kalimalang.

Kemudian untuk Plt Wali Kota Bekasi dan Stakeholder lainnya, lanjut RK, yang membedakan penataan kota negara maju dengan di sini adalah kalau di Negara maju semua sungai yang melintas kota itu akan ditata.

“Kalau kita masih menganggap sungai yang melewati Kota itu hanya tempat air mengalir. Saya titip ke BBWS dan pihak lainnya. Jangan menganggap sungai hanya untuk mengalirkan air saja,” ucapnya.

Baca Juga:  Ini Dia Alasan DBMSDA Kota Bekasi Tak Bongkar Bangunan Liar Milik Ormas

Ia juga menambahkan, jika aliran sungai itu melewati Kota dan permukiman serta peradaban manusia. Maka dituntut satu fungsi tambahan yaitu fungsi sosial.

“Ya kalau sungainya ada di gunung ga perlu lagi di jadikan taman atau lainnya. Karena sungai di gunung fungsinya hanya satu untuk mengalirkan ekosistem air,” jelasnya.

Tapi kalau sungai sudah melewati perkampungan pusat kota, kata dia, itu sungai mahal harganya dan harus mempunyai nilai sosial.

“Saya pesan kepada Kadis SDA Jabar. Dimana ada persentuhan sungai dengan kepadatan manusia harus ada penataan. Alhamdulillah aliran dari Citarum sudah ada penataan,” terangnya.

RK juga mengaku, Kalimalang juga sama. Jika Kalimalang tidak digagas oleh Gubernur, sungai Kalimalang hanya lewat saja dan cuma dilirik oleh pengendara.

Baca Juga:  DPRD Bersama Pemkot Bekasi Sahkan Dua Perda dan KUA-PPAS 2022

“Tapi sekarang saya yakin. Kalau sudah teduh warga akan istirahat. Karena ciri kota bahagia adalah warga masyarakat sering nongkrong,” tutup RK.

Usai menyampaikan sambutan, RK pun langsung menandatangani prasasti Wisata Air Kalimalang dengan didampingi Plt Wali Kota Bekasi dan lainnya.

Kemudian, secara singkat dirinya dan yang lain meluangkan waktu untuk melihat Wisata Air Kalimalang yang sudah dapat di manfaatkan oleh masyarakat. (mar)

Share :

Baca Juga

Bekasi Raya

SE PPKM Level 3 Kota Bekasi Berubah, Pelaku Usaha Menjerit?

Bekasi Raya

Mas Tri: Pusat Perbelanjaan di Kota Bekasi Bakal Dibuka

Bekasi Raya

Pemkot Bekasi Akan Libatkan BPKP Jabar Terkait Mangkraknya Proyek Revitalisasi Pasar Kranji

Bekasi Raya

Sambut HUT DISADA Ke-2, TNI-AD Gelar Karya Bakti dan Penghijauan di Jatiranggon

Bekasi Raya

Tuntut Realisasi RTH 30%, Kawali Bekasi Raya Geruduk Pemkot

Bekasi Raya

Pemkot Bekasi Gelontorkan Rp2,7 Miliar untuk Makan Minum, CV Ulfah Menang Tanpa Pesaing

Bekasi Raya

Kades Lambangsari Bantah Adanya Anggaran Ganda Penanganan Covid-19

Bekasi Raya

Sah, Mas Tri Jadi Ketua Persipasi Kota Bekasi Secara Aklamasi