Home / Nasional

Selasa, 26 April 2022 - 17:47 WIB

Polda Metro Jaya Siapkan Skema Cegah Penumpukan Kendaraan saat Arus Balik

Polda Metro Jaya menyiapkan skema arus balik masyarakat dari mudik Lebaran 2022. Caranya dengan mengatur dan mengurai kepadatan kendaraan di sejumlah pintu masuk ke wilayah Jakarta.

Antisipasi kepadatan kendaraan arus balik mudik juga melalui penerapan one way (satu arah) dari ruas tol Kalikangkung hingga Halim Perdanakusuma pada 7 dan 8 Mei 2022.

“(Karena) itu yang kami khawatirkan. Gerbang tol Halim dengan hanya 13 gardu tidak akan mampu menampung jumlah kendaraan yang bagaikan air bah akan masuk ke Jakarta,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Selasa (26/04/2022).

Sambodo menjelaskan menuturkan, saat arus balik mudik, polisi juga mengarahkan kendaraan berada di lajur kanan dari arah Cikampek menuju Jakarta. Kendaraan bisa langsung keluar melalui pintu masuk tol sebelah kanan. Sementara, lajur ruas tol Jakarta menuju Cikampek akan ditutup.

“Karena satu arah semua, jadi yang mau ke arah Cikampek pasti (kami) tutup. Jalan itu bisa dipakai untuk ke luar, jadi mengurangi beban orang ke luar di Halim,” terang Sambodo.

Lebih lanjut, ujar Sambodo, apabila skenario di ruas Tol Jakarta-Cikampek tidak berhasil, Polda Metro Jaya akan menutup ruas tol Cikunir dan melarang pengendara keluar pintu tol Cikampek serta mengarahkan untuk keluar di tol JORR.

“Orang tidak boleh ke luar di tol kota yang dari (tol) MBZ (Mohammed Bin Zayed) langsung diarahkan ke JORR. Semua harus keluar di JORR. Pokoknya tidak turun ke bawah, tapi ke samping,” paparnya. (*)

Share :

Baca Juga

Nasional

Mantan Kanwil BPN DKI Jakarta Merasa Dirugikan Gegara Permen ATR/BPN 11/2016

Nasional

KPK Gelar “Politik Cerdas Berintegritas’ Terpadu bagi Petinggi Parpol

Nasional

Siaga Hadapi Wabah Cacar Monyet, Kementerian Kesehatan Siapkan 10.000 Dosis Vaksin

Nasional

Menteri Basuki Gratiskan 8 Ruas Tol Ini saat Libur Nataru

Nasional

Via Kepala BPK Perwakilan Jabar, KPK Dalami Kasus Suap Ade Yasin

Nasional

Menpan RB Setujui Usulan ASN WFH Sepekan Usai Cuti Lebaran

Nasional

Dan Akhirnya PPKM Nataru Dilanjutkan

Nasional

PPKM Dicabut, Prokes dan Vaksinasi Covid-19 Tetap Lanjut