Home / Nasional

Kamis, 5 Mei 2022 - 01:42 WIB

269 Ribu Kendaraan Diprediksi Serbu Jabodetabek pada Puncak Arus Balik Lebaran 2022

PT Jasa Marga memprediksi puncak arus balik menuju Jabotabek jatuh pada Ahad (08/05/2022) dengan jumlah kendaraan yang kembali sebanyak 269.444 kendaraan.

Angka tersebut merupakan prediksi kumulatif kendaraan di beberapa gerbang tol (GT) utama. Seperti GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung), GT Cikupa (arah Merak), dan GT Ciawi (arah Puncak).

Jasa Marga menjelaskan distribusi dari arah timur menuju ke arah Jakarta yang mencapai 64,64% tersebut mayoritas berasal dari Trans Jawa dan Bandung yang menuju Jabotabek ke via GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama, yaitu 174.157 kendaraan.

“Tidak hanya terjadi di hari Minggu, peningkatan lalu lintas juga diprediksi sudah terjadi pada H+3 dan H+4 atau pada Jumat-Sabtu, 6-7 Mei 2022, dengan peningkatan kendaraan yang tidak jauh dengan puncak arus balik di 8 Mei 2022. Untuk mewujudkan perjalanan yang lebih nyaman, kami mengimbau agar pengguna jalan dapat mengatur waktu perjalanan kembali ke Jabotabek dan memohon kerja sama pengguna jalan untuk kembali ke Jabotabek sebelum 6-8 Mei 2022,” kata Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangannya, Rabu (04/05/2022).

Heru mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan Kepolisian untuk pemberlakuan rekayasa lalu lintas, seperti contraflow dan one way serta menempatkan petugas di lokasi rawan kepadatan. Pemberlakuan rekayasa lalu lintas pada arus balik di antaranya untuk menghindari kepadatan pertemuan dua lalu lintas Jalan Tol Cipularang dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta di Simpang Susun Dawuan Km 66 serta kepadatan jelang akses masuk dan keluar rest area Km 62 dan Km 52.

“Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan. Pantau kondisi lalu lintas melalui CCTV real time di jalan tol melalui aplikasi Travoy. Informasi dan pelayanan lalu lintas dapat diakses melalui One Call Center 24 Jam Jasa Marga di nomor 14080,” pungkas Heru. (*)

Share :

Baca Juga

Nasional

Pakai Almamater Tanpa Logo, Polisi Tangkap 14 Orang Mengaku Mahasiswa di Kawasan DPR RI

Nasional

Pemerintah Masih Godok Skema Alternatif Kenaikan Harga BBM

Nasional

Ketua KPK: Penunjukan Pj Kepala Daerah Rawan Korupsi

Nasional

Tuntut Perpanjangan Jabatan dan Pertanyakan Nasib PPPK, Kades Seluruh Indonesia Geruduk Gedung DPR

Nasional

Wacana KPK RI Bentuk Satgas LHKPN Mencuat, Efek Merosotnya Wibawa Firli Cs?

Nasional

Plt Wali Kota Bekasi Hadiri Summit APEKSI 2022 Bertajuk “Healthy Cities For All” di Semarang

Nasional

Meski Kasus COVID-19 Terkendali, PPKM Tetap Diperpanjang Selama 2 Minggu

Nasional

KPK: BPK dan Inspektorat tak Punya Taji, Hanya Koruptor Apes yang Tertangkap Tangan