Home / Politik

Senin, 9 Mei 2022 - 11:23 WIB

Kantongi Restu Nasdem dan PAN, Anies Siap Berlaga di Pilpres 2024

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan disebut telah mengantongi restu Partai Nasional Demokrat (NasDem) dan Partai Amanat Nasional (PAN) untuk turun gelanggang berlaga di Pilpres 2024.

Semula, bermodalkan kinerja di DKI Jakarta dan capaian elektabilitas yang meroket, Anies digadang-gadang menjadi pilihan terbaik Partai Nasdem sebagai capres yang nantinya akan disodorkan ke Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh untuk putuskan pada Rakernas Juni 2022.

Jalan Anies pun kian mulus karena berasal dari nonpartai dan senada dengan keinginan Partai Nasdem yang lebih suka dengan sosok seperti Anies, dibandingkan mengusung sosok dari partai lain seperti Ganjar Pranowo.

Terlebih, aspirasi dukungan kepada Anies juga mengalir dari sejumlah Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem untuk diusung menjadi calon Presiden di Pilpres 2024.

“Peluang Anies dicalonkan Nasdem sangat besar. Dibandingkan Ganjar, Anies resistensinya kecil, karena Anies tak berpartai. Dan Anies juga didukung oleh mayoritas DPW (Dewan Pimpinan Wilayah) Nasdem,” kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin kepada awak media, Minggu (08/05/2022).

Di sisi lainnya, Ujang menuturkan, dalam beberapa kesempatan, Anies juga terlihat membangun kedekatan dengan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan. Hal ini terpotret dari Zulkifli yang ikut mendampingi Anies dalam Salat Id di Stadion Jakarta Internasional Stadium (JIS), Papanggo, Jakarta Utara.

Kemudian, Zulhas sapaan akrabnya, juga ikut menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada Anies yang kini menginjak usia 53 tahun.

Menurutnya, kedekatan Anies dengan Zulkifli memunculkan kemungkinan PAN akan mengusung Anies di Pilpres nanti. Sementara itu, sambung Ujang, bila Partai Nasdem dan PAN telah menetapkan pilihan kepada Anies, maka terbuka kemungkinan untuk partai lain bergabung menjemput kemenangan di Pilpres 2024.

“Dan PAN juga bisa saja dukung Anies. Rasional saja jika Nasdem dan PAN, juga partai lain dukung Anies, karena Anies elektabilitasnya tinggi,” tandasnya.

Diketahui, Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat Saan Mustopa menyatakan, mayoritas DPW NasDem Jawa Barat setuju untuk mengusulkan nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) pada 2024 pada Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

Rekomendasi itu, rencananya akan disampaikan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem, Juni 2022 di Jakarta Convention Center (JCC).

“Dari sekian banyak DPD, itu kan mayoritas, umumnya kan minta Pak Anies untuk dipertimbangkan untuk diusulkan dalam Rakernas ke Ketua Umum (Surya Paloh),” tegas Saan, Rabu (04/05/2022) kemarin.

Share :

Baca Juga

Politik

Sikapi Alibi Chairoman Soal Rp200Juta, Gelora Kota Bekasi: Ketua DPRD Harus Gentlemen, Jangan Mencla-Mencle

Politik

Ketua DPRD Kota Bekasi Batal Dicopot, Sekwan: Tak Perlu Berpolemik, Semua Ada Aturan dan Tahapannya

Politik

Politisi PKS Akui Terima Rp200Juta, Partai Ummat: Kembalikan Uang ke KPK Tak Hilangkan Unsur Pidana

Politik

Ade Puspitasari, Tak Gentar Dengan Opini Sesat

Politik

Keputusan Politik Suharso di Pilpres 2024 Tentukan Nasib PPP ke Depannya

Politik

Muscab VIII DPC PPP Kota Bekasi Harus Sesuai Dengan AD/ART dan PO

Politik

Puluhan Demonstran Geruduk DPRD Kota Bekasi, Ketua Dewan Tak Temui Massa Aksi

Politik

Ini Dia Hal Penting Yang Harus Dilakukan Plt Wali Kota Bekasi Seusai Mutasi