Home / Politik

Senin, 9 Mei 2022 - 23:46 WIB

Partai Demokrat Beri Sinyal ‘AHY’ Jadi Cawapres

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. Foto: Antara

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. Foto: Antara

JAKARTA – Partai Demokrat memberi sinyal rela Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hanya menjadi calon wakil Presiden (cawapres) dalam pertarungan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Sebab, Partai Demokrat menyadari tidak bisa sendiri dalam mengusung calon presiden di Pilpres 2024.

“Mesti berkoalisi dengan parpol lainnya. Karenanya menjadi capres atau cawapres itu akan menjadi pembahasan kemudian yang tentunya banyak variabel lagi yang mesti jadi pertimbangan. Terpenting adalah terbentuknya koalisi terlebih dahulu yang bisa mengatasi ambang batas presiden,” kata Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani, Senin (09/05/2022).

Koalisi Demokrat dengan partai lain itu guna memenuhi syarat ambang batas pencalonan presiden dan wakil presiden atau presidential threshold sebesar 20 persen.

Baca Juga:  Herman Khaeron Targetkan Partai Demokrat Kota Bekasi Dulang 15% Suara di Pemilu 2024

Sejauh ini, Partai Demokrat telah membuka jalinan komunikasi dengan Partai Golkar. Oleh karena itu, Kamhar mengakui terbuka kemungkinan Partai Demokrat rela apabila ketua umum mereka, AHY mengisi posisi cawapres mendampingi Airlangga Hartarto sebagai capres yang akan diusung Partai Golkar di Pilpres 2024.

“Jika kemudian terbangun kesepahaman dan kesepakatan politik antara Partai Demokrat dan Partai Golkar, ini telah melewati ambang batas presiden. Ini (AHY jadi cawapres) bisa menjadi opsi,” jelasnya.

“Termasuk Mas Ketum AHY sebagai Capres atau Cawapres bisa dibahas pada saatnya nanti jika skenario ini yang kemudian berlaku,” sambung Kamhar.

Baca Juga:  Terkait Gaduhnya Sidak Komisi III DPRD Kota Bekasi, Ini Kata Politisi Kalimalang Tiga Periode

Di sisi lain, Partai Demokrat juga masih berusaha mencari rumus dan pola untuk mengusung AHY menjadi capres dengan melakukan penjajakan ke sejumlah partai politik.

“Yang pasti Partai Demokrat mempersiapkan diri dengan berbagai opsi dan skenario. Komunikasi lintas partai terus dibangun. Partai Demokrat senantiasa membuka diri dan tak memiliki beban atau hambatan untuk membangun kerjasama politik dengan partai manapun,” tutup Kamhar. [yud]

Share :

Baca Juga

Politik

Soal Calon Presiden dari PDI Perjuangan, Megawati: Saya ‘Umpetin’

Politik

Hadapi Pemilu 2024, PKS Ingin Ada Poros Baru dan Tiga Capres

Politik

Gelar Konsolidasi Cabang Pelopor, PDI Perjuangan Siap Sambut Pemilu 2024

Politik

AS Dinilai Coreng Angkatan Muda Ka’bah, Cemong Langsung Ambil Sikap

Politik

Reshuffle ala Jokowi di Tahun Politik, Pengamat: Gol Cantik Terjadi saat Injury Time

Politik

Safari Lebaran Prabowo, Koalisi Baru Menuju 2024

Bekasi Raya

Desak Ketua Dewan Dicopot, Mahasiswa Geruduk DPRD Kota Bekasi

Advertorial

H. Tumai Dorong Pemkot Bekasi Fasilitasi UMKM Online Bagi Ibu Rumah Tangga dan Pemuda