Home / Politik

Jumat, 13 Mei 2022 - 10:24 WIB

Golkar, PAN dan PPP Berhimpun dalam Koalisi Bertiga Bersatu, AHY Ditinggal?

Pertemuan AHY dengan Airlangga Hartarto beberapa waktu lalu tidak berujung pada kesepakatan koalisi. Golkar, PAN dan PPP sepakat membangun koalisi Bertiga Bersatu. Foto: Antara

Pertemuan AHY dengan Airlangga Hartarto beberapa waktu lalu tidak berujung pada kesepakatan koalisi. Golkar, PAN dan PPP sepakat membangun koalisi Bertiga Bersatu. Foto: Antara

JAKARTA – Pertemuan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan Airlangga Hartarto pada momen Lebaran beberapa waktu lalu nampaknya tidak berujung pada kesepakatan koalisi.

Pasalnya Airlangga menyatakan Golkar, PAN dan PPP telah terhimpun dalam koalisi Bertiga Bersatu.

Kepastian koalisi tersebut disampaikan langsung dalam konferensi pers selepas Airlangga, Zulkifli Hasan dan Suharso Monoarfa mengadakan pertemuan, di Jakarta, Kamis (12/05/2022) malam.

Airlangga mengungkapkan bahwa partai besutannya, PPP dan PAN berkoalisi untuk membangun budaya baru.

Menurutnya, koalisi ini dilakukan secara bertahap dan tidak terburu-buru bahkan melalui kajian.

“Semoga kerja sama ini mendapatkan rida dari Allah Swt. karena kami akan mendorong persatuan dan kami akan menegasikan risiko-risiko akibat daripada politik identitas,” ujar Airlangga.

Baca Juga:  Haeri Parani Minta Pemkot Bekasi Menambah Sarana Prasarana Pendidikan

Bahkan Menko Perekonomian ini meyakini komposisi Bertiga Bersatu sudah tepat.

Selain Airlangga, Suharso Monoarfa masuk dalam kabinet, sedangkan Zulkifli Hasan berpengalaman dalam pemerintahan serta MPR, DPR.

“Saya dan Pak Harso ada di pemerintah, sehingga ini akan terus memperkuat pemerintahan Bapak Presiden Jokowi. Pertemuan ini juga menyimpulkan pengalaman dari masing-masing partai politik, termasuk juga PAN yang sangat berpengalaman di pemerintahan, baik di DPR maupun di MPR,” ucapnya.

Sementara itu terpisah, AHY, selaku Ketua Umum Partai Demokrat yang berada di Medan ini mengaku terus menjajaki kemungkinan koalisi dengan parpol-parpol menjelang Pilpres 2024.

Baca Juga:  Kantongi Restu Nasdem dan PAN, Anies Siap Berlaga di Pilpres 2024

“Saya berkomunikasi dan berhubungan baik ya, bersilaturahim dengan partai-partai politik lainnya. Siapa pun, termasuk tokoh-tokoh politik. Mengapa? karena kita ingin terus menjajaki kemungkinan-kemungkinan,” kata dia.

AHY tidak menampik Demokrat belum bisa memastikan parpol mana yang bisa digandeng menghadapi Pemilu 2024. Namun dia menilai segala kemungkinan masih terbuka.

“Kita ikuti saja terus ya. Karena saya yakin bulan-bulan ke depan sampai akhir 2022, terlebih fase awal 2023 mungkin sudah semakin terang peta koalisinya seperti apa,” tuturnya. (*)

Share :

Baca Juga

Politik

KPUD Kota Bekasi Beberkan Prinsip Penetapan Dapil pada Pemilu Legislatif 2024

Politik

Sah!!! Chairoman Resmi Dicopot, Saifuddaulah Duduki Kursi Ketua DPRD Kota Bekasi

Politik

Ketua PPP Desak Pemkot Bekasi Segera Tutup THM

Politik

Berkat Aspirasi Wenny, Ponpes Thariiqul Jannah Miliki BLK Komunitas

Politik

Desak PKS Ganti Chairoman, Aksi Copot Ketua DPRD Kota Bekasi Berujung Ricuh

Politik

Terkait Gaduhnya Sidak Komisi III DPRD Kota Bekasi, Ini Kata Politisi Kalimalang Tiga Periode

Politik

Penunjukan Penjabat Kepala Daerah Dinilai Rusak Skema Politik Daerah

Politik

Pemilihan Presiden 2024 Saatnya Trah Soekarno Berlaga