Home / Advertorial

Selasa, 24 Mei 2022 - 14:38 WIB

Komisi III Desak Bapenda Kota Bekasi Tingkatkan Ekstensifikasi dan Intensifikasi Pajak

KOTA BEKASI – Melihat minimnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) di berbagai sektor strategis, Komisi III DPRD Kota Bekasi mendesak salah satu mitra kerjanya yakni Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bekasi agar lebih meningkatkan lagi ekstensifikasi penerimaan pajak dan penerimaan retribusi daerah dalam upaya peningkatan PAD.

“Itu yang kami akan dorong dari Bapenda untuk mengelola sumber penerimaan baru seperti penjaringan wajib pajak,” ujar Ketua Komisi III DPRD Kota Bekasi Murfati Lidianto kepada Rakyat Bekasi, Selasa (24/05/22).

Politisi asal Partai Gerindra ini mengungkapkan bahwa pihaknya juga akan mendorong intensifikasi penerimaan pajak daerah oleh Bapenda, salah satunya dengan cara melakukan verifikasi terhadap seluruh objek pajak.

Baca Juga:  Wewenang Pemkot Bekasi Berakhir, Penugasan Usep jadi Plt Dirut PDAM Tirta Bhagasasi Sesuai Perda

Hal tersebut menurutnya diperlukan untuk memastikan data piutang Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) yang dapat ditagih.

“Karena itu salah satu permasalahan yang harus dapat diselesaikan. Oleh sebab itu, perlu dilakukan verifikasi piutang pajak terhadap seluruh obyek pajak dan memastikan data piutang yang dapat ditagih, khususnya data piutang PBB P2. Makanya Bapenda perlu melibatkan aparat penegak hukum, kalau di sini ada yang bandel,” beber Murfati.

Lebih lanjut Murfati berharap agar penentuan target PAD Kota Bekasi di tahun 2023 mendatang, akan dihitung berdasarkan data yang valid dari wajib pajak dan wajib retribusi, sehingga deviasi capaian terget pada akhir tahun anggaran harus realistis dan wajar.

“Pencapaian target sudah, cuma kami meminta Bapenda untuk lebih bekerja keras lagi, supaya targetnya bisa lebih tinggi lagi di tahun 2023, dibandingkan saat ini,” pungkasnya. (ADV)

Share :

Baca Juga

Advertorial

H Bambang Supriyadi Dorong Bapenda Gali Potensi Tingkatkan PAD Kota Bekasi

Advertorial

DPRD Kota Bekasi Setujui Anggaran BTT Khusus Pencegahan Covid-19

Advertorial

Sosok Aminah, Dari Guru Sekarang Jadi Anggota DPRD Kota Bekasi

Advertorial

Fraksi PKS Minta Disdik Kota Bekasi Terbuka Soal Data Siswa Jalur Afirmasi

Advertorial

Sekretaris Komisi I DPRD Kota Bekasi Nuryadi Darmawan Minta Plt Wali Kota Bekasi Copot SKPD Yang Tidak Becus Kerja

Advertorial

Ini Sosok Nuryadi Darmawan Legislator Kalimalang Tiga Periode dari Fraksi PDI Perjuangan

Advertorial

Sardi Effendi Desak PDAM Tirta Bhagasasi Segera Lunasi Rp16 Miliar Tunggakan Deviden kepada Pemkot Bekasi

Advertorial

Dariyanto Soroti Dugaan Prostitusi Apartemen yang Dilakukan Kalangan Remaja