Home / Nasional

Senin, 30 Mei 2022 - 13:01 WIB

Kang Emil Cuti, Wagub Uu Ruzhanul Sementara Pimpin Provinsi Jawa Barat

Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja (ketiga dari kanan) saat memberikan keterangan soal Wagub sebagai pemimpin sementara Jabar di Gedung Sate Bandung,Senin (30/05/2022). Foto: Antara/Ajat Sudrajat.

Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja (ketiga dari kanan) saat memberikan keterangan soal Wagub sebagai pemimpin sementara Jabar di Gedung Sate Bandung,Senin (30/05/2022). Foto: Antara/Ajat Sudrajat.

Uu Ruzhanul Ulum memegang sementara tampuk kepemimpinan Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Uu yang notabene Wakil Gubernur Jabar memimpin hingga 4 Juni 2022 atau selama Gubernur Ridwan Kamil cuti atau izin khusus memantau pencarian anaknya yang hilang di Sungai Aare, Swiss.

“Surat dari Mendagri (Menteri Dalam Negeri) menyebutkan, pertama pemerintahan di Jawa Barat harus terus berjalan. Kedua, yang menjadi pimpinan selama Pak Gubernur melakukan izin dari 29 Mei sampai 4 Juni 2022 adalah dipimpin Wakil Gubernur (Jabar),” kata Sekretaris Daerah Jabar Setiawan Wangsaatmaja kepada awak media di Gedung Sate Bandung, Senin (20/05/2022)

Setiawan menjelaskan, Ridwan Kamil bertugas di luar negeri hingga 28 Mei 2022 terkait memantau langsung pencarian anaknya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril. Menurut Setiawan, Wagub Uu wajib berkoordinasi dengan Gubernur Jabar selama menjadi pemimpin sementara.

Baca Juga:  Ini Dia Kronologi OTT KPK yang Menjerat Bupati Bogor dan Pejabat BPK Jabar

Setiawan menegaskan, Mendagri Muhammad Tito Karnavian sudah mengizinkan Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil berada di luar negeri dari 29 Mei hingga 4 Juni 2022.

“Pemprov Jawa Barat mengambil inisiatif, khususnya mulai 29 Mei hingga 4 Juni 2022 untuk meminta izin kepada Mendagri. Alhamdulillah pada tanggal 28 Mei lalu Mendagri memberikan surat izin terkait dengan surat izin ke luar negeri dengan alasan penting,” kata Setiawan.

Sebelum adanya kejadian sang anak hilang di Sungai Aare, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memang berdinas ke luar negeri dari 21 sampai 28 Mei 2022. Setiawan memaparkan, Ridwan melakukan kunjungan dinas ke Italia pada 21 hingga 23 Mei 2022. Kemudian, berdinas ke Inggris pada tanggal 24 sampai 26 Mei 2022. Selanjutnya bertugas ke Swiss pada 27 hingga 28 Mei 2022.

Baca Juga:  Alamakkk, BeritaSatu TV PHK Massal 70% Pegawainya Jelang Ramadhan 1443 H

“Kurun waktu 21 Mei 2022 sampai yang saya ceritakan tadi posisinya perjalanan dinas luar negeri. Di Italia ikut The Assisi and Roma Roundtable 2022 di Assisi,” kata Setiawan.

“Lalu yang kedua di Inggris. Di sana tentang pengembangan sumber daya manusia yang menjadikan Jabar unggul dalam pengembangan SDM. Selain diskusi-diskusi dengan universitas juga dijalankan oleh gubernur,” terang Setiawan

Adapun di Swiss, Ridwan meninjau upaya pengelolaan sampah di Swiss.

Terseret Arus Saat Hendak Naik ke Permukaan.

Emmeril Kahn Mumtadz, akrab dengan sapaan lEril bersama keluarga berada di Swiss guna mencari sekolah melanjutkan ke jenjang Strata 2 (S2).

Share :

Baca Juga

Nasional

Sah Jadi Tersangka Kasus Suap, Ade Yasin: Ini Namanya “IMB”, Inisiatif Membawa Bencana

Nasional

Meski Kasus COVID-19 Terkendali, PPKM Tetap Diperpanjang Selama 2 Minggu

Nasional

KPK RI Sarankan Jokowi Lapor Terkait Kiriman Jeruk 1 Truk dari Warga Karo

Nasional

Putuskan Akses 3.856 Pinjol Ilegal, Kominfo Gagas Edukasi Literasi Digital Bagi Masyarakat

Nasional

Harga Pertamax Naik Jadi Rp12.500/Liter, Pertamina: Ini Kita Lakukan Agar Tidak Memberatkan Masyarakat

Nasional

PPKM Level 3 Batal, Ruas Tol Ini Terapkan Ganjil Genap Saat Libur Nataru

Nasional

Jejak PPKM Level 3 Nataru: Diumumkan Muhadjir, Dibatalkan Luhut, Dijelaskan Tito

Nasional

Mendagri Pastikan Lima Pj Gubernur Tidak Rangkap Jabatan