Home / Ekstra

Sabtu, 23 Juli 2022 - 05:02 WIB

Netflix Ditinggal Kabur 1,17 Juta Pelanggan Selama 2022

Netflix kembali kehilangan 970 ribu pelanggannya pada kuartal II-2022. Sebelumnya pada kuartal I-2022, Netflix kehilangan 200 ribu pelanggan. Dengan demikian, perusahaan layanan streaming itu telah kehilangan 1.17 juta pelanggan selama semester I-2022.

Kini, Netflix mempunyai hampir 221 juta pelanggan. Dengan jumlah ini, perusahaan jasa streaming itu masih mendominasi usaha layanan streaming secara global.

Hilangnya 970.000 pelanggan di kuartal II-2022 itu di bawah perkiraan awal 2 juta pelanggan. Namun, tetap saja pelanggan Netflix berkurang.

”Berat dalam beberapa hal, kehilangan sejuta pelanggan dan untuk mengatakannya sebagai sukses. Namun, kami benar-benar menyiapkan diri dengan sangat lebih baik pada tahun depan,” kata Co-chief and pendiri Netflix, Reed Hastings, dalam paparannya mengutip BBC, Sabtu (23/07/2022).

Dalam paparan pendapatan perusahaan, Netflix memperkirakan akan mendapatkan 1 juta pelanggan baru pada kuartal III-2022. Saham Netflix sedikit naik setelah pengumuman hilangnya 970.000 pelanggan tersebut. Ini mengindikasikan para investor tetap yakin pada prospek usaha Netflix.

Sejumlah analis menyatakan, sekalipun tak seburuk perkiraan, berkurangnya jumlah pelanggan pada kuartal II-2022 tetap saja menjadi tantangan bagi Netflix.

Baca Juga:  Pengadilan Tipikor Bandung Gelar Sidang Pertama Rahmat Effendi Pagi Ini

”Berkurangnya pelanggan Nerflix sudah diperkirakan, tetapi tetap menjadi masalah bagi perusahaan yang mengandalkan pendapatan sepenuhnya pada model bisnis berlangganan,” kata analis, Ross Benes.

Siasat Netflix

Benes berpendapat, Netflix mesti menemukan cara untuk mengembangkan bisnis waralaba secara global. Jika tidak, Netflix akan makin kesulitan untuk tetap menjaga posisinya yang selama ini konsisten di depan daripada para pesaingnya.

Para pimpinan Netflix mengatakan, makin banyaknya pelanggan yang membagikan login dan passwords menjadi tantangan yang kian besar bagi perusahaan. Sebab, peluang pendapatan menjadi hilang.

Untuk menyiasatinya, Netflix telah menyiapkan dua strategi. Strategi pertama, menghadirkan langganan Netflix dengan harga murah, tetapi dengan iklan. Opsi berlangganan ini dipastikan bakal hadir pada awal 2023.

Baca Juga:  Pandemi Covid-19 Belum Usai, Subvarian Baru Omicron Ditemukan di China

Sayangnya, Netflix belum memberikan informasi lebih lanjut soal skema layanan Netflix murah dengan iklan ini. Termasuk belum mengungkap berapa lama durasi iklan yang akan ditampilkan dan berapa harga langganan Netflix dengan iklan tersebut.

Namun, menurut rumor yang beredar, harga langganan paket murah Netflix dengan iklan diprediksi bakal dibanderol dengan harga yang tak jauh berbeda dengan harga langganan Apple TV+ yang sebesar 4,99 dollar AS atau sekitar Rp 73.888.

Strategi yang kedua adalah dengan memungut biaya tambahan bagi pengguna yang berbagi akun dan password dengan pengguna lain yang tidak satu rumah.

Kebijakan ini kabarnya sedang diuji coba oleh Netflix kepada para pengguna di wilayah Amerika Latin, termasuk di Argentina, El Salvador, Guatemala, Honduras, dan Republik Dominika dengan metode yang agak berbeda.

Selain itu Netflix telah berinvestasi terutama pada konten orisinil seperti “Squid Game” dan “Stranger Things” untuk membendung pesaing besar seperti Disney dengan Marvel dan Star Wars.

Rilis “Stranger Things” musim ke-4 membukukan 1,3 miliar jam tayang hanya dalam empat pekan di Netflix. Ini menjadikannya pertunjukan televisi yang paling banyak ditonton di Netflix. (*)

Share :

Baca Juga

Ekstra

Polisi Tahan Roy Suryo Gegara Meme Jokowi

Ekstra

Ini Dia Pencarian Google Terpoluler 2022: Mulai dari Tragedi Kanjuruhan, Minyak Goreng hingga Apa Arti Bestie

Ekstra

Layaknya Facebook dan Instagram, WhatsApp Uji Coba Hadirkan Stiker Avatar

Ekstra

Hasil Penelitian PBB: Lubang Lapisan Ozon Berangsur Pulih Berkat Protokol Montreal

Ekstra

Komplotan Penipu Tunjangan Covid-19 Senilai US$250 Juta Terungkap

Ekstra

Usai Beli Twitter, Elon Musk akan Menjamu Jokowi di Amerika

Ekstra

H-4 Hari Raya Idul Fitri, 1.157.959 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

Ekstra

Campurkan Nitrogen dengan Jajanan, Puluhan Anak Keracunan ‘Chiki Ngebul’ di Tasikmalaya dan Bekasi