Home / Bekasi Raya

Jumat, 5 Agustus 2022 - 10:17 WIB

Ini Dia Alasan Dinkes Kota Bekasi Belum Gelar Vaksinasi Covid-19 Dosis Keempat untuk Nakes

"Gebyar Vaksin I,II dan Booster" yang digelar di Kantor Sekretariat Forum Warga Bekasi yang berlokasi di Jalan DPRD VII, Kelurahan Margahayu, Bekasi Timur - Kota Bekasi, Rabu (16/03/2022) pagi.

KOTA BEKASI – Vaksinasi Covid-19 dosis keempat atau booster kedua bagi tenaga kesehatan (nakes) mulai bergulir sejak 29 Juli 2022.

Hal ini sesuai Surat Edaran Nomor HK.02.02/C.3615/2022 yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, Kamis (28/07/2022) lalu.

Dalam surat edaran tersebut, Kepala Dinas Kesehatan provinsi dan kabupaten/kota diperintahkan untuk melaksanakan vaksinasi dosis keempat untuk nakes.

“Mulai tanggal 29 Juli 2022 dapat dimulai pemberian vaksinasi Covid-19 dosis booster ke-2 (vaksinasi dosis keempat) bagi SDM (sumber daya manusia) kesehatan,” tulis Dirjen P2P Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu.

Menanggapi hal tersebut, Staf Khusus Dinas Kesehatan Kota Bekasi Sudirman mengatakan bahwa pihaknya masih menghitung jumlah tenaga kesehatan yang akan diberikan vaksin Covid-19 dosis keempat tersebut.

“Kami sedang mapping, berapa jumlah nakes yang harus dilakukan penyuntikan booster dua dan alokasi vaksin juga masih kami hitung,” ujar Sudirman saat ditemui, Jumat (05/08/2022).

Pemberian vaksin dosis keempat belum dilakukan, kata dia, lantaran Dinas Kesehatan Kota Bekasi masih terus menggenjot pemberian vaksin Covid-19 dosis ketiga kepada masyarakat.

Baca Juga:  Pihak Swasta Tebang Puluhan Pohon Tanpa Izin, Komisi II: Kurang Pantauan DLH Kota Bekasi

Selain itu, Sudirman mengaku bahwa pihaknya juga masih menunggu kedatangan stok vaksin untuk dosis keempat dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Apabila vaksin Covid-19 dosis keempat sudah tersedia, kata dia, pihaknya akan memprioritaskan pemberian vaksin dosis keempat kepada nakes yang berhadapan langsung dengan pasien Covid-19.

Baca Juga:  Jelang Nataru, Kasus Covid-19 Meningkat di Kota Bekasi

“Tentu diprioritaskan untuk nakes-nakes di rumah sakit. Yang kedua, tentu nakes di puskesmas, kemudian nakes yang melakukan tracing, yang melakukan penyelidikan epidemologi untuk mencari kontak erat terhadap pasien konfirmasi,” beber Sudirman.

Oleh karena itu Sudirman mengatakan bahwa pihaknya masih dalam tahap koordinasi internal dengan Kemenkes dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menanti kedatangan vaksin Covid-19 dosis keempat.

Apabila sesuai rencana, kata dia, vaksin Covid-19 dosis keempat diperkirakan akan tiba minggu depan.

“Kemungkinan itu (vaksin Covid-19 dosis keempat) minggu depan (tiba di Kota Bekasi),” pungkasnya. (mar)

Share :

Baca Juga

Bekasi Raya

Polrestro Bekasi Kota Gelar Operasi Prokes Covid-19 di THM

Bekasi Raya

Gelora dan HPK Kosgoro Desak Pemkot Bekasi Pikir Ulang Pemutusan Kerjasama LKM-NIK dengan RS Swasta

Bekasi Raya

SPK Diduga Belum Terbit, All In One PC Senilai Rp504Juta Tiba di Sekretariat DPRD Kota Bekasi

Bekasi Raya

Dugaan Gratifikasi dan Kecurangan PPDB SMA Negeri di Kota Bekasi Resmi Dilaporkan Ke Kejaksaan

Bekasi Raya

Bansos Kambing Sudah Didistribusikan Akhir November, Kepala DKPPP Kota Bekasi Mengaku Januari 2022, Data Penerima Fiktif?

Bekasi Raya

Lima Armada Baru Disdamkar Kota Bekasi Habiskan Rp8,7 Miliar, Aceng: Harus Tambah Pasukan

Bekasi Raya

PD Migas Kota Bekasi Kalahkan Foster Oil & Energy, Kuasa Hukum: Putusan MA Sudah “Inkracht”

Bekasi Raya

Jelang Nataru, Kasus Covid-19 Meningkat di Kota Bekasi