Home / Nasional

Selasa, 16 Agustus 2022 - 10:17 WIB

Hadiri Sidang Tahunan MPR, Jokowi Kenakan Baju Adat Bangka Belitung Wapres Baju Adat Solo

Tangkapan layar Presiden Jokowi menghadiri sidang tahunan MPR.

Tangkapan layar Presiden Jokowi menghadiri sidang tahunan MPR.

JAKARTA – Presiden Jokowi bersama Wapres Ma’ruf Amin menghadiri sidang tahunan MPR, Selasa (16/08/2022), mengenakan baju adat.

Jokowi mengenakan baju adat Paksian dari Bangka Belitung (Babel), lengkap dengan tutup kepala sungkon, sedangkan Wapres Ma’ruf Amin mengenakan baju adat Keraton Surakarta, Solo.

Presiden Jokowi bersama Ibu Negara, Iriana Jokowi tiba di parlemen untuk menuju ruang rapat paripurna Gedung Nusantara, sekitar pukul 09.00 WIB.

Sementara Wapres Ma’ruf Amin didampingi Wury Ma’ruf Amin tiba lebih awal di kompleks parlemen.

Sedangkan pimpinan Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Ketua DPD LaNyalla Mattalitti mengenakan pakaian formil jas dengan peci.

Ketua DPR Puan Maharani mengenakan batik tulis dengan motif Semen Rama, menghadiri sidang tahunan memperingati HUT ke-77 RI.

Baca Juga:  Jokowi Digugat ke PN Jakarta Pusat Soal Ijazah Palsu

Hadir dalam kegiatan tersebut, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla, Wakil Presiden ke-6 Tri Sutrisno, Wakil Presiden ke-9 Hamzah Haz, Ketua MK Anwar Usman, anggota Kabinet Indonesia Maju, ketua partai politik dan pejabat negara lainnya.

Sidang Tahunan MPR akan dibuka dengan Pidato Presiden RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022. Jokowi bakal menyampaikan keterangan pemerintah atas RUU APBN Tahun Anggaran 2023 beserta nota keuangan pada rapat paripurna pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2022-2023.

Setelah Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama, acara akan dilanjutkan pada pukul 13.30 WIB untuk melaksanakan Rapat Paripurna DPR RI.

Baca Juga:  Saatnya Rakyat Lawan Rezim Dzolim, Wujudkan Kedaulatan yang Sesungguhnya.

Dalam susunan agenda Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD RI, acara dimulai pukul 9.30 WIB dengan diawali dengan pidato pengantar Sidang Tahunan MPR tahun 2022 oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Selanjutnya pidato pengantar Sidang Bersama DPR-DPD RI oleh Ketua DPR RI Puan Maharani, dan dilanjutkan dengan pidato Presiden Jokowi dalam rangka penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara serta pidato HUT Ke-77 Republik Indonesia.

Sidang tahunan ini dihadiri 435 dari 711 anggota MPR, DPR dan DPD. Sidang tahunan juga dihadiri para duta besar negara sahabat. (*)

Share :

Baca Juga

Nasional

5 Tahun Tahan Kenaikan BBM, Ekonom: Jokowi Timbun Masalah, Tunggu Meledak

Nasional

Berdalih Panel Listrik Berdebu, DPR Hamburkan Rp55 Miliar Buat Beli Lift Baru

Nasional

Hasil Survei IMD 2022: Kebanyakan Orang Indonesia Masih Buta Teknologi

Nasional

Hadir Langsung ke Lumajang, Plt Wali Kota Bekasi Serahkan Rp1,95 Miliar Bantuan Kemanusiaan

Nasional

LHKPN Jokowi Naik Sekitar Rp 8,9 Miliar dalam Setahun Terakhir

Nasional

Ini Dia Kronologi OTT KPK yang Menjerat Bupati Bogor dan Pejabat BPK Jabar

Nasional

Geruduk Kantor Baznas RI, Gemasi Teriakkan ‘Mosi Tidak Percaya’ Terhadap Ismail Hasyim

Nasional

Kang Emil Cuti, Wagub Uu Ruzhanul Sementara Pimpin Provinsi Jawa Barat