Home / Ekstra

Senin, 22 Agustus 2022 - 08:13 WIB

Telkom Tegaskan Tidak Pernah Jual-Beli Data Pelanggan IndiHome

Merespons dugaan kebocoran data pelanggan IndiHome, Telkom menyatakan bahwa mereka berkomitmen menjaga keamanan data pelanggan dan tidak pernah memperjualbelikan data pelanggan.

“Dapat dipastikan bahwa Telkom berkomitmen menjamin keamanan data pelanggan dengan sistem keamanan siber yang terintegrasi dan menjadikan hal tersebut sebagai prioritas utama. Telkom tidak pernah mengambil keuntungan komersial apalagi memperjualbelikan data pribadi pelanggan,” kata Vice President Corporate Communication PT Telkom Indonesia Tbk Pujo Pramono, dalam keterangan resminya, Senin (22/08/2022).

Saat ini pihak Telkom tengah melakukan koordinasi internal untuk mengecek dan memastikan validitas data pelanggan IndiHome yang dikabarkan bocor.

Baca Juga:  Anda Sulit Berimajinasi, Lupa Wajah Pacar? Bisa Jadi Itu Gejala Aphantasia

“Sebagai perusahaan terbuka yang dual listing, Telkom mematuhi etika bisnis, compliance dan tata kelola perusahaan sesuai peraturan perundangan yang berlaku,” kata Pujo.

Telkom juga berkomitmen untuk meningkatkan pengamanan data pelanggan demi meningkatkan kenyamanan pelanggan.

Informasi data pelanggan layanan internet IndiHome, bagian dari Telkom Group, bocor bermula dari media sosial. Sejumlah pengguna Twitter menyebarkan informasi bahwa sekitar 26 juta data milik pelanggan IndiHome bocor dan masuk situs gelap.

Peretas dalam deskripsi data di situs gelap menyebutkan terdapat 26.730.798 data berasal dari peretasan pada bulan Agustus 2022.

Baca Juga:  Data Pribadi Kita Bocor Karena Lemahnya Sistem Keamanan PLN, IndiHome, Gojek Hingga Jasa Marga

Data yang bocor berupa histori browsing antara lain tanggal, kata kunci, domain, platform, browser, URL, kata kunci di Google dan lokasi. Selain itu, terdapat juga data pengguna berupa nama, alamat email, jenis kelamin dan nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Sementara itu terpisah, Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan sedang mendalami dugaan kebocoran data ini dan akan memanggil manajemen Telkom untuk mendapatkan keterangan soal insiden ini.

“Kementerian Kominfo akan segera mengeluarkan rekomendasi teknis untuk peningkatan pelaksanaan pelindungan data pribadi Telkom, dan di saat bersamaan berkoordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN),” kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan.

Share :

Baca Juga

Ekstra

Waspada Aksi Rampas Motor dengan Modus Debt Collector

Ekstra

Campurkan Nitrogen dengan Jajanan, Puluhan Anak Keracunan ‘Chiki Ngebul’ di Tasikmalaya dan Bekasi

Ekstra

Sebelum Resmi Caplok Twitter, Ternyata Elon Musk Sempat Bertemu Menko Luhut

Ekstra

Megawati Masak Rendang Ayam Tiap Lebaran, Resep Warisan dari Bung Karno

Ekstra

Polres Metro Jaksel Bebaskan Tahanan Pemilik 37,5 Kg Narkoba Sintetis?

Ekstra

Usai Beli Twitter, Elon Musk akan Menjamu Jokowi di Amerika

Ekstra

Pengguna Google Chrome Banyak yang Beralih ke Microsoft Edge

Ekstra

Hasil Drawing Liga Champions 2022-23, Ada Grup Neraka dan Reuni dengan Mantan