Home / Bekasi Raya

Rabu, 30 November 2022 - 16:18 WIB

RSUD CAM Izinkan Senam Penderita Diabetes, Puluhan Juta Uang Kas Persadia Kota Bekasi Disoal

Sejumlah pesenam penderita diabetes

Sejumlah pesenam penderita diabetes "Persadia" Kota Bekasi terpaksa melangsungkan kegiatan senamnya di sudut Alun-Alun Kota Bekasi setelah "terusir" dari halaman parkir RSUD Chasbullah Abdul Majid (RSUD CAM) Kota Bekasi oleh pihak manajemen.

KOTA BEKASI – Keluhan sejumlah pesenam “Persadia” (Persatuan Diabetes Indonesia) yang merasa kecewa karena tidak diperbolehkan melangsungkan kegiatan senam setiap Sabtu pagi di halaman parkir RSUD Chasbullah Abdul Majid (RSUD CAM) Kota Bekasi, mendapat respon dari Pemerintah Kota Kota Bekasi.

Melalui Plt Kabag Humas Sekda Kota Bekasi, Diah Setiowati, keluhan para pesenam Persadia ini langsung ditanggapi positif oleh PPID Pembantu RSUD CAM Indriyati yang sontak memberikan izin bagi Persadia untuk melangsungkan senam Persadia di RSUD CAM seperti biasanya.

“Silahkan mereka melakukan senam di halaman rumah sakit,” jelas Diah seraya menirukan Indriyati.

Sebelumnya diberitakan, Puluhan warga Kota Bekasi yang rutin senam bersama di halaman Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasbullah Abdul Madjid Kota Bekasi mengaku kecewa atas sikap manajemen rumah sakit yang secara tiba-tiba melarang mereka berolahraga di lokasi tersebut.

Pasalnya mereka yang tergabung dalam Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) Kota Bekasi ini, kini tak lagi bisa memanfaatkan halaman rumah sakit terbesar di Kota Bekasi ini untuk berolahraga senam bersama.

Padahal aktivitas senam tersebut rutin dilakukan selama 18 tahun terakhir, kini mereka harus terusir dari lokasi tersebut tanpa penjelasan apapun dari manajemen rumah sakit.

Baca Juga:  Beredar SE tentang Pegawai Non ASN Pemerintah Kota Bekasi 2023, Belasan Ribu TKK Jadi Pengangguran?

“Masyarakat Kota Bekasi yang ikut senam yang tergabung dalam Persadia jumlahnya cukup banyak. Namun kini, kami tidak bisa senam lagi di lokasi itu, karena pihak RSUD tidak mengijinkan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Padahal senam itu sangat membantu bagi para lansia maupun penderita Diabet yang ingin tetap sehat. Karena dilarang, kami terpaksa numpang senam di pojok alun-alun Kota Bekasi,” ujar Ketua Unit Persadia RSUD Kota Bekasi, Een Nuraeni, Rabu (16/11/2022) lalu.

Menanggapi izin manajemen RSUD CAM kepada para Pesenam “Persadia” itu, salah seorang Pesenam Ny Sri Umi mengaku sangat senang ketika mengetahui kabar baik tersebut.

Namun demikian, Umi sapaan akrabnya, mendesak keterbukaan atau transparansi keuangan yang selama ini dikelola Persadia Kota Bekasi kepada seluruh anggotanya.

“Senam Persadia di RSUD CAM Kota Bekasi sudah berjalan 18 tahun, tetapi pihak pengurus tidak pernah membuat laporan keuangan kepada anggota. Padahal kalau mau jujur dan terbuka, uang kas yang berasal dari iuran anggota bisa mencapai Rp50 juta,” bebernya.

Selain tak adanya transparansi keuangan, Umi juga merasa ada ketidakwajaran yang dilakukan pengurus saat mengumpulkan dan mengelola uang kas dari anggota selama 18 tahun, nyaris tak berwujud.

Baca Juga:  Ini Dia Detail Edaran Pemkot Bekasi tentang Penetapan PPKM Level 3

Sebab bebernya, seluruh pengurus tidak terkecuali, harus membayar uang saweran setiap kali ikut kegiatan senam yang diselenggarakan setiap Sabtu pagi itu.

“Saat pergantian pengurus (dari Pak Sukma ke bu Een Nuraeni), ada laporan kas keuangan, tetapi laporan tersebut cuma sebatas catatan saja, uangnya tidak pernah ada wujudnya. Mestinya selama 18 tahun ini ada pertanggungjawabannya,” tegasnya.

Uang kas selama 18 tahun yang nyaris tak berwujud itu, kata dia, menjadi semakin abstrak saat dirinya menanyakan hal tersebut kepada Bendahara Persadia Kota Bekasi yang sontak marah dan merasa terganggu sehingga berujung dirinya dikeluarkan dari WhatsApp Group pesenam Persadia Kota Bekasi.

“Selama tidak ada transparasi keuangan, ketentraman jiwa dan kesejahteraan para anggota senam Persadia tidak akan terwujud. Padahal para anggota yang kebetulan menyandang Diabetes ingin selalu tetap sehat dan bahagia. karena kami selalu berharap agar dengan berolahraga senam ini bisa tetap sehat dan bisa menghibur sesama penyandang Diabetes,” tutupnya. (mar)

Share :

Baca Juga

Bekasi Raya

307 Siswa Al Azhar Siap Ikuti Olimpiade Sains dan Felka 2022

Bekasi Raya

Pelantikan LPM Margahayu Warnai Parade Safari Ramadan di Bekasi Timur

Bekasi Raya

Buka Pelayanan Adminduk untuk Warga di CFD, Disdukcapil Kota Bekasi Makin Keren

Bekasi Raya

SPK Diduga Belum Terbit, All In One PC Senilai Rp504Juta Tiba di Sekretariat DPRD Kota Bekasi

Bekasi Raya

Terkait Dugaan Pungli Rp1,935 Miliar di SMAN 17 Bekasi, Ini Kata KCD Wilayah III

Bekasi Raya

Sekuriti DPRD Kota Bekasi Maksimalkan Pelayanan dan Disiplin Dalam Bertugas

Bekasi Raya

Forum Jurnalis Bekasi Sukses Gelar FGD Bertajuk “Pendidikan Politik Anggaran dan Kebijakan Publik Pemerintah Daerah”

Bekasi Raya

Abaikan Teguran Wasbang Distaru Kota Bekasi, Pembangunan Cluster Nabila Comfort Residence Jalan Terus