Home / Nasional

Selasa, 13 Desember 2022 - 14:18 WIB

Disetujui Semua Fraksi DPR, Laksamana Yudo Margono Resmi Jadi Panglima TNI

Posisi KSAL Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI telah dikukuhkan melalui rapat paripurna DPR. Dengan demikian Laksamana Yudo sudah secara resmi menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa, Selasa (13/12/2022).

Posisi KSAL Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI telah dikukuhkan melalui rapat paripurna DPR. Dengan demikian Laksamana Yudo sudah secara resmi menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa, Selasa (13/12/2022).

JAKARTA – Posisi KSAL Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI telah dikukuhkan melalui rapat paripurna DPR. Dengan demikian Laksamana Yudo sudah secara resmi menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa.

Pengesahan ini diambil saat pembicaraan tingkat II di rapat paripurna ke-12 masa persidangan II tahun sidang 2022-2023.

Rapat yang berlangsung di gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta Pusat, pada Selasa (13/12/2022) ini dihadiri semua pimpinan DPR.

Ketua DPR Puan Maharani yang memimpin jalannya rapat didamping oleh keempat wakilnya. Mereka adalah Sufmi Dasco Ahmad, Rachmat Gobel, Lodewijk F Paulus dan Muhaimin Iskandar.

Rapat diawali dengan penyampaian laporan mengenai proses mekanisme serta pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI. Laporan disampaikan oleh Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid.

Baca Juga:  Sempat Dipandang Sebelah Mata, Penampilan Puan saat Sidang MPR Diobrolin Warganet

Usai mendengarkan penyampaian tersebut, Puan langsung meminta persetujuan kepada seluruh fraksi yang hadir. “Apakah dapat disetujui?” tanya Puan di ruang sidang, yang dijawab setuju secara serempak oleh para peserta.

Kemudian, Laksamana Yudo diminta Puan maju. Ia pun terlihat berdiri dari tempat duduknya, lalu memberikan salam hormat kepada anggota DPR RI.

“Selanjutnya kami memperkenalkan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, dan untuk itu kami persilakan maju ke depan mimbar,” kata Puan.

Diketahui, sebelumnya Laksamana Yudo telah menjalani proses uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test sebagai calon panglima TNI.

Baca Juga:  Menteri Perhubungan Imbau Pemudik Tunda Perjalanan Balik ke Ibu Kota

Nama Laksamana Yudo diusulkan secara tunggal oleh Presiden Jokowi pada akhir November lalu.

Sebagai informasi, Komisi I DPR menggelar fit and proper test terhadap Laksamana Yudo, Jumat (02/12) lalu. Hasilnya, Komisi I DPR menyetujui pengangkatannya sebagai panglima TNI yang baru.

Keputusan itu diumumkan oleh Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid sekaligus pimpinan rapat uji kelayakan tersebut. “Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI,” kata Meutya mengetok palu tanda persetujuan. (*)

Share :

Baca Juga

Nasional

Tiga Tahun Sosialisasi, Pengesahan KUHP Baru Dinilai Sudah Tepat

Nasional

Said Aqil Mantap Maju Jadi Ketum PBNU Tiga Periode

Nasional

PPKM Dicabut, Prokes dan Vaksinasi Covid-19 Tetap Lanjut

Nasional

Sertifikasi Masih Proses, Kementerian Agama Larang Mixue Pasang Logo Halal

Nasional

Ridwan Kamil Pinta Pemuda Sebarkan Semangat Toleransi dan Cinta Tanah Air

Nasional

Baru Puasa Hari Keempat, 20 Persen Tiket Kereta Api Ludes Terjual

Nasional

Vaksinasi dari Pemerintah Gratis, Laporkan Jika Dipungut Bayaran

Nasional

Berdalih Panel Listrik Berdebu, DPR Hamburkan Rp55 Miliar Buat Beli Lift Baru