Home / Ekstra

Sabtu, 24 Desember 2022 - 07:53 WIB

Jalur Puncak Berlaku Sistem Ganjil Genap Hingga Minggu

Pihak Kepolisian akan memberlakukan sistem ganjil genap pada kendaraan di jalur Puncak Bogor mengantisipasi kepadatan pada libut Natal dan Tahun Baru - (Foto: Antara)

Pihak Kepolisian akan memberlakukan sistem ganjil genap pada kendaraan di jalur Puncak Bogor mengantisipasi kepadatan pada libut Natal dan Tahun Baru - (Foto: Antara)

Pihak Kepolisian akan memberlakukan sistem ganjil genap, baik kendaraan mobil maupun sepeda motor di jalur Puncak Kabupaten Bogor.

Langkah ini Polri ambil untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas menjelang libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2023.

Kasatlantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata mengatakan pihaknya akan memberlakukan sistem ganjil genal (GaGe) di jalur Puncak.

Sistem GaGe ini akan berlaku mulai Jumat (23/12) pukul 15.00 WIB hingga Minggu (25/12) pukul 24.00 WIB di Jalur Puncak pada Operasi Lilin Lodaya 2022 ini.

Selanjutnya sistem GaGe ini juga akan berlaku pada pekan depan yakni Jumat (30/12) hingga Minggu, 1 Januari 2023.

Baca Juga:  Mbah Google Nobatkan Nabi Muhammad SAW sebagai Manusia Terbaik di Dunia

Dicky menyebutkan bahwa pemberlakuan sistem ganjil genap di Jalur Puncak sudah diatur melalui Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) nomor 84 tahun 2021.

Dia menerangkan kebijakan ganjil genap pelat nomor kendaraan akan melihat kondisi kepadatan kendaraan.

Jika nantinya terdapat antrean panjang kepolisian akan melakukan sistem kombinasi pemberlakuan sistem ganjil genap dengan sistem satu arah.

“Ganjil genap kita terapkan untuk mobil dan sepeda motor,” katanya.

Hingga Jumat malam, arus lalu lintas kendaraan baik sepeda motor maupun mobil di jalur Puncak Kabupaten Bogor, Jawa Barat terpantau masih normal.

Nampak kendaraan mobil begitu lancar melintas dari arah pintu keluar tol Jagorawi di Simpang Gadog menuju Puncak Bogor. Begitupun dengan sepeda motor yang datang dari arah Ciawi menuju arah yang sama.

Baca Juga:  Joe Biden Ucapkan Selamat HUT RI ke-77 Kepada Jokowi

Di Simpang Gadog sendiri hingga malam hari masih terpantau kendaraan berpelat nomor genap yang melintas di Jalur Puncak Bogor. Polisi banyak menertibkan kendaraan khususnya sepeda motor.

Dalam pengamanan dan pelayanan lalu lintas selama Perayaan Natal dan Tahun Baru 2022 ini, sebanyak 2.500 personel gabungan dikerahkan bersama antara kepolisian, TNI dan pemerintah setempat. Polres Bogor juga telah menyiapkan 17 pos pelayanan dan pengamanan lalu lintas Operasi Lilin Lodaya 2022 ini. (*)

Share :

Baca Juga

All new terios

Ekstra

Video Kelemahan dan Kelebihan All New Terios

Ekstra

Kerap Tak Terima BST, MIO Jakbar Harap Pemerintah Perhatikan Nasib Jurnalis

Ekstra

Ini Dia Hal Terpopuler di Facebook dan Instagram sepanjang Ramadan 2022

Ekstra

Nasib 7.000 Karyawan Twitter Pasca Dicaplok Elon Musk

Ekstra

Hasil Drawing Liga Champions 2022-23, Ada Grup Neraka dan Reuni dengan Mantan

Ekstra

Sebelum Resmi Caplok Twitter, Ternyata Elon Musk Sempat Bertemu Menko Luhut

Ekstra

Arab Saudi Putuskan Idul Fitri Jatuh Pada Senin 2 Mei 2022
Gubernur dki jakarta anies baswedan

Ekstra

Rawa Terate Rutin Banjir, Anies Bakal Cek Pabrik Sekitar